Sabtu, 25 Oktober 2014

Apakah rekor atlet sudah mencapai limit?

| 2.480 Views
id olimpiade 2012, olimpiade london, penajaman rekor, pemecahan rekor, limit
Paris (ANTARA News) - Moto Olimpiade -- "Lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat" -- menunjukkan adanya penajaman rekor yang tidak hentinya dilakukan para atlet.

Tapi beberapa ahli mengatakan rekor dalam olahraga mulai mendatar dan suatu saat mendekati ketidakmungkinan untuk mempertajamnya, kecuali dengan menggunakan obat terlarang atau dengan teknologi masa depan (futuristik).

Rekor dunia loncat jauh putera dibuat pada 1991, rekor loncat galah putera tidak pecah sejak 1994 dan renang jarak pendek amat sulit pertajam sejak pelarangan baju renang khusus pada 2010.

"Dalam semua cabang olarhaga, Anda melihat sekarang adalah usaha untuk menyamai rekor," kata Steve Haake, direktur Pusat Penelitian Enginering Olahraga pada Shefield Hallam University seperti dikutip AFP.

Rekor masih terus diperbaiki di berbagai cabang olahraga, tetapi jaraknya semakin kecil dan semakin kecil, katanya.

Geoffroy Berthelot bersama Institut Olahraga INSEP Paris mengamati rekor Olimpiade sejak olahraga moderen itu dimulai pada 1896.

Ia mengkalkulasi bahwa para atlet sudah mencapai 99 persen dari batas limit yang memungkinkan dilakukan berdasar psikologi manusia normal.

Pada 2027, separuh dari 147 cabang olahraga yang dipelajari akan mencapai limit pencapaian rekor oleh atlet dan tidak akan dipertajam lagi lebih dari 0,05 persen setelah itu, demikian perhitungan matematis yang dilakukan Berthelot.

"Penampilan olahraga sudah mencapai puncak psikologisnya," katanya.

Reza Noubary dari Bloomsburg University pada proyek Pennsylvania menyatakan, lomba 100 meter putera, merupakan ukuran akselerasi dan kecepatan manusia, hanya dapat mencapai angka tercepat, 9,4 detik.

"Data menunjukkan bahwa kecepatan lari manusia serta akselerasinya akan mencapai angka tertentu dan akan berhenti di situ," kata Noubary.

Tapi, lanjutnya, prediksi ini hanya berdasar pada hitungan matematik.

Bisa saja akan terjadi pengecualian seperti yang ditunjukkan pelari dari Jamaika, Usain Bolt, yang belakangan ini sudah membuat rekor 9,58 detik.

"Tidak mungkin bagi siapa pun untuk memprediksikan hasil yang ditoreh atlet berbakat di lapangan," kata Noubary.

"Bolt, misalnya, merupakan contoh sempurna sebagai kombinasi dari keuntungan sebagai atlet jangkung serta kejangan cepat (otot) dari seorang atlet yang lebih kecil," katanya.

Noubary juga mengkalkulasi bahwa rekor loncat jauh 8,95m yang disandang Mike Powell dari Amerika Serikat dalam 21 tahun, kelihatannya baru akan diperbaiki pada 2040. Catatan Powell itu terjadi hampir 23 tahun setelah Bob Beamon membuat rekor 8,90m pada Olimpiade Meksiko 1968.

"Ya, kita bisa memprediksikan limit," kata Haake, kendati ia menyebutkan "kemungkinan tidak" dalam lima sampai 10 tahun ke depan.

"Dalam 50 tahun kita akan sangat sangat dekat," katanya.

Terkadang, apa yang membuat berbeda bukan karena gen tetapi karena teknologi, seperti baru baru renang yang menyebabkan 25 rekor terpecahkan pada 2008 dan 47 pada 2009, sebelum penggunaan baju itu dilarang.

Mark Denny, ahli matematik dari Stanford University, mengatakan laporan pada 2008 menunjukkan bahwa kecepatan lari di lintasan pacu anjing serta keturunan hewan itu tidak akan menanjak dalam 40 sampai 60 tahun ini, kecuali ada kemampuan untuk meningkatkannya termasuk obat untuk mempercepat penampilan.

Ada juga penelitian yang menyebutkan pemecahan rekor akan selalu bertambah, tapi bedanya amat kecil, hanya seperseratus detik.

"Bayangkan bila perbaikan rekor itu hanya terjadi dalam hitungan perseratus detik," kata Ian Ritchie dari Departemen Human Kinetik, Brock University di Kanada, dengan menambahkan, prediksi tentang limit tidak ada yang tahu.

Sebelum atlet Inggris Roger Bannister berlari dalam lomba lari satu mil (1,6 kilometer) di bawah catatan empat menit pada 1954, "banyak yang mengasumsikan itu secara teori tidak mungkin" -- dan ada yang memprediksikan jantung manusia akan pecah.

Padahal rekor jenis lari satu mil saat ini sudah mencapai 3:43.13.

Bila ada limit absolut pada nomor 100m putera, maka banyak yang memprediksikan itu akan terjadi dalam beberapa tahun, sehingga para pengamat meramalkan akan terjadi kejutan pada Olimpiade London yang dimulai pada 27 Juli.

(A008) 

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga