Senin, 20 Oktober 2014

Lima hal penting untuk perangi diabetes

| 2.978 Views
id diabetes, penyakit diabetes, rumah sakit darmais
Lima hal penting untuk perangi diabetes
Alat test gula darah Accu check active. (ANTARA/HO)
Jakarta (ANTARA News) - Penderita diabetes terus meningkat tiap tahunnya, oleh sebab itu diperlukan lima pilar tata laksana untuk menekan angka penderita diabetes, kata Kepala Bagian Patologi Klinik dari Rumah Sakit Dharmais-Jakarta, Dr. Agus S. Kosasih, SpPK.

Pilar pertama, ujarnya, adalah Edukasi. "Edukasi adalah hal pertama yang harus disadari masyarakat, ini menjadi penting karena penderita diabetes harus terus kooperatif dengan dirinya sendiri," papar Agus.

Pilar kedua, adalah terapi nutrisi atau pengaturan makan yang harus diperhatikan penderita diabetes karena penderita diabetes perlu terus mengontrol kadar gula darah agar tetap normal.

"Aktifitas fisik berupa olah raga juga sangat penting, karena ini dapat membantu meningkatkan produksi hormon insulin, yang membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal," papar Agus yang menjelaskan pilar ketiga.

Selanjutnya adalah adalah obat-obatan yang digunakan untuk mengontrol gula darah. Obat-obatan ini biasanya berupa asupan insulin bagi tubuh, sehingga kadar gula darah tetap berada dalam batas normal.

Pilar kelima adalah monitoring gula darah. Monitoring gula darah ini menjadi sangat penting agar pasien tahu bagaimana perkembangan gula darahnya, kata Agus.

"Sebaiknya pasien melakukan monitoring gula darah setiap hari secara mandiri menggunakan glukosa meter, sehingga pasien diabetes dapat mengelola tren gula darahnya setiap hari," demikian Agus.
(M048)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga