Minggu, 21 Desember 2014

Mau beli alat tes gula darah? baca dulu ini

| 8.252 Views
id diabetes, insulin, gula darah, tes gula
Mau beli alat tes gula darah? baca dulu ini
Accu Check Active. (ANTARANEWS/HO)
tiap alat memiliki kemampuan yang berbeda untuk menyesuaikan kegunaan dengan kondisi hematokit pasien yang ekstrim...."
Jakarta (ANTARA News) - Pasien diabetes yang menggunakan alat pengukur gula darah harus lebih teliti saat membeli alat tes tersebut, karena keakuratan pengukur gula darah sangat penting bagi penderita diabetes, kata Kepala Bagian Patologi Klinik dari Rumah Sakit Dharmais-Jakarta, Dr. Agus S. Kosasih, SpPK.

Alat ukur yang tidak akurat dapat memunculkan hasil yang seolah-olah tinggi atau pun rendah, padahal tata laksana yang salah dapat menyebabkan pasien terserang hiperglikemia atau pun hipoglikemia, bahkan menimbulkan komplikasi pada pasien, ujar Agus pada edukasi media mengenai tes gula darah mandiri, Jakarta, Selasa.

"Maka penting bagi pasien untuk memperhatikan kualitas glukosa meter yang akan dibeli," kata Agus,

Agus mengemukakan bahwa faktor kualitas glukosa meter meliputi tingkat akurasi alat, kualitas strip tes, serta kemampuan alat dalam menyesuaikan pada kondisi hematokit atau jumlah sel darah merah dalam darah pasien.

"Sebab tiap alat memiliki kemampuan yang berbeda untuk menyesuaikan kegunaan dengan kondisi hematokit pasien yang ekstrim, seperti anemia atau dehidrasi berat," kata dia.

Agus menambahkan, alat ukur gula darah yang berkualitas seharusnya dapat menghindari gangguan saat pembacaan kadar glukosa, meskipun adanya zat lain yang terkandung dalam darah.

Selain itu, glukosa meter berkualitas juga harus mampu beradaptasi jika melakukan tes pada ketinggian tertentu dan tahan terhadap gangguan suhu serta kelembapan udara.

"Yang tidak kalah penting adalah pengguna harus mengerti prosedur penggunaan dan perawatan alat, agar hasil tes gula darah tetap akurat," kata Agus.

(M048)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga