Sabtu, 23 Agustus 2014

Wapres: mantapkan niat kembangkan energi baru

Selasa, 17 Juli 2012 11:15 WIB | 2.364 Views
Wapres: mantapkan niat kembangkan energi baru
Pameran Energi Terbarukan. Wapres Boediono (kiri) didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik (ketiga kiri) melihat maket Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di salah satu stan pada Pameran Energi Terbarukan di Jakarta, Selasa (17/7). Pameran menampilkan teknologi energi terbarukan dari dalam dan luar negeri yang berlangsung 17--19 Juli 2012. (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mengajak semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat untuk memantapkan niat mengembangkan energi baru terbarukan dalam upaya memberikan warisan energi bagi generasi mendatang.

"Kita semua mulai pemerintah, presiden, wapres dan menteri tidak saja mendukung 100 persen tapi bahkan 1.000 persen untuk mendorong energi baru terbarukan di Tanah Air," kata Wapres Boediono saat membuka Konferensi dan Eksibisi Energi Baru Terbarukan (EBTKE) 2011 di Balai Sidang Jakarta, Selasa.

Hadir dalam acara itu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

Menurut Wapres, langkah tersebut tidak hanya dapat dilakukan pemerintah saja tapi juga masyarakat harus ikut memantapkan niat.

Wilayah Indonesia dengan berbagai kekayaan alam, seperti matahari dan batubara tidak ada alasan tidak harus mampu menciptakan suatu energi baru terbarukan, jika tidak ingin meninggalkan warisan buruk kepada generasi mendatang.

"Kita dikaruniai segala bentuk sumber energi dan kita bahkan duduk di atas sumber energi yang kadang bisa merepotkan tapi bisa diandalkan untuk generasi mendatang," katanya.

Wapres juga mengatakan, sebenarnya Indonesia saat ini tidak mulai dari nol lagi mengembangkan teknologi energi dan tidak perlu kkhawatir sumber energi tidak ada.

Namun, tegas Boediono, yang diuperlukan adalah kerangka kebijakan yang tepat dan lingkungan kondusif untuk bisa mengarahkan penciptaan energi baru terbarukan.

Menurut Wapres, dalam menciptakan kerangka kerja segala bventuk hambatan baik yang ada di pusat maupun daerah hendaknya diperbaiki bahkan dihilangkan, sehingga mampu mengundang investasi.

"Masih banyak energi baru terbarukan yang belum dimanfaatkan secara maksimal dan tidak ada alasan untuk tidak memulainya," tegas Wapres.
(A025/S004)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga