Kamis, 21 Agustus 2014

Lakukan ini bila istri sedang hamil

Selasa, 17 Juli 2012 17:56 WIB | 4.482 Views
Lakukan ini bila istri sedang hamil
Hamil (FOTO ANTARA/Eric Ireng)
Jakarta (ANTARA News) - Masa kehamilan kerap kali mengubah kondisi fisik dan psikologis seorang perempuan, di sinilah peran besar suami diperlukan agar kehamilan bisa berjalan lancar dan tetap menyenangkan.

Terkadang ibu hamil merasa cemas dan depresi sehingga suami perlu mendukung sang istri agar kecemasannya bisa diatasi dan tidak berpengaruh buruk pada janin, kata Psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si. di Jakarta, Selasa siang.

Lalu, bagaimana cara suami mengobati keresahan istrinya yang sedang mengandung?

Pertama, dengarkan semua keluhan istri. Jangan pernah lupa untuk memeluk dan membelainya serta mencurahkan kata-kata yang menghibur.

"Para suami bisa bilang, 'kamu tetap seksi kok walau sedang hamil'," kata Anna.

Kedua, suami harus membantu tugas istri, termasuk urusan pekerjaan rumah tangga.

"Ada penelitian, suami maskulin itu biasanya merasa nista kalau harus membantu istri mengerjakan tugas rumah tangga, tapi itu kan pekerjaan berat ya, jadi memang harus dibantu," ujar Anna.

Bila suami memang tidak bisa membantu, setidaknya ada orang lain yang bisa meringankan beban tugas rumah tangga sang istri.

Tapi ibu hamil juga harus pandai menghargai upaya suami meringankan beban pekerjaan rumah tangga, "Jangan terlalu banyak mengkritik." kata dia.
(nan)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga