Selasa, 21 Oktober 2014

Sumbar-AS berencana kerja sama bidang pendidikan

| 3.567 Views
id sumbar, AS, Pelaksana Tugas Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia Kristen Bauer, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, kerjasama pendidikan
Bentuk kerja sama dengan PT di Sumbar masih dalam tahap pembicaraan dan tindak lanjutnya setelah kunjungan ini."
Padang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan pemerintah Amerika Serikat berencana menjalin kerja sama bidang pendidikan mulai dari tingkat sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi.

Penjajakan kerja sama itu terungkap dalam kunjungan Pelaksana Tugas Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia Kristen Bauer didampingi Konjen AS di Medan Trevor bertemu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Selasa.

Dubes AS berkunjung ke Sumbar dengan sejumlah agenda di antaranya berdialog dengan Gubernur Sumbar, pertemuan dengan alumni AS di Sumbar dan berkunjung ke Sanggar Tari Nan Jombong.

Kristen Bauer menyampaikan, selama ini dan ke depan pemerintah AS tetap memberi kesempatan beasiswa kepada calon mahasiswa asal Sumbar.

Namun, ke depan ingin menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi (PT) di Sumbar, dan melalui pertemuan dengan gubernur mungkin ada bentuk baru terhadap persiapan bagi calon yang ingin belajar ke AS.

"Bentuk kerja sama dengan PT di Sumbar masih dalam tahap pembicaraan dan tindak lanjutnya setelah kunjungan ini. Soal bantuan beasiswa pemerintah AS tidak membatasi," ujarnya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, Dubes AS juga menawarkan kerja sama dalam bidang kewirausahaan dalam bentuk memberi pelatihan/traning di daerah.

Kerja sama dengan PT yang direncanakan itu guna mengetahui berapa kebutuhan yang diperlukan bagi generasi Sumbar untuk belajar ke AS.

"Kami juga tidak punya data detail, tapi selama ini belum banyak pelajar Sumbar melanjutkan pendidikan ke AS. Persyaratan utama berkaitan bahasa dan nilai toefl berkisar 550-600," ujarnya.

Tindak lanjut dari rencana kerja sama itu, pihak Kedubes AS akan membuat surat ke Pemprov Sumbar dan setelah itu baru pihak pemerintah provinsi akan menanggapinya.

"Setelah ada surat dari Kedubes AS nanti, kami akan mengumpulkan para pimpinan PT di Sumbar guna menanggapi tawaran tersebut," ujarnya.

Dalam kunjungan ke gubernuran, Dubes AS bersama rombongan didampingi gubernur serta sejumlah pajabat jajaran Humas Provinsi meninjau masjid di perkarangan gubernuran yang roboh akibat gempa 2009.

(KR-SA/N002)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga