Senin, 1 September 2014

Kemenag Manado gelar Rukyatul Hilal 19 Juli

Selasa, 17 Juli 2012 18:18 WIB | 1.979 Views
Kemenag Manado gelar Rukyatul Hilal 19 Juli
Ilustrasi. Rukyatul Hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan. (ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang)
Manado (ANTARA News) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Manado, Ulyas Taha, mengatakan pihaknya akan menggelar Rukyatul Hilal, bersama seluruh Ormas Islam di Gedung Panin, Manado, pada 19 Juli 2012, pukul 17.00 Wita.

"Rukyatul Hilal akan dimulai saat matahari terbenam, untuk memastikan apakah bulan terlihat pada saat itu, kalau ada, maka esoknya akan jadi 1 Ramadan," kata Taha, di Manado, Selasa.

Taha mengatakan, jika memang bulan belum terlihat, maka Syaban akan digenapkan menjadi 30 hari, lalu 1 Ramadan bisa jatuh pada 21 Juli 2012.

"Hasil Isbat yang dilakukan oleh Kantor Kemenag masing-masing daerah akan dilaporkan ke Kementerian Agama pusat, dan disidang untuk menetapkan awal Ramadan tersebut berdasarkan masukan dari daerah," kata Taha.

Ia menyebutkan dalam rapat Isbat tersebut, seluruh Ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Syarikat Islam dan lainnya diundang untuk membicarakan hal ini bersama, mengenai pemahaman itu tergantung masing-masing Ormas.

"Kalau mengenai perbedaan pemahaman itu terserah kepada masing-masing Ormas, tetapi tidak perlu dipermasalahkan, karena masing-masing punya dasar dan perbedaan metode," kata Taha.

Taha mengatakan sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado ia mengimbau agar menunggu keputusan pemerintah untuk menetapkan hari apa tepatnya tanggal 1 Ramadan itu untuk diikuti bersama.

"Ini adalah bentuk ketaatan pada Allah, Rasul dan pemimpin, dan apa yang diputuskan pemerintah itulah yang akan diikuti bersama, seluruh umat Islam di Indonesia," kata Taha.

(KR-JHB/MO31)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga