Jumat, 31 Oktober 2014

Frank Schleck dicoret Tour de France karena doping

| 3.491 Views
id tour de france, balap sepeda, doping, frank schleck
Frank Schleck dicoret Tour de France karena doping
Pesepeda Radishack asal Luksembourg Franck Schleck (kiri) dikeluarkan dari Tour de France. (REUTERS/Stephane Mahe)
...tim memutuskan untuk menarik Frank Schleck dari kejuaraan Tour de France
Pau, Prancis (ANTARA News) - Tour de France dilanda kejutan, Selasa, ketika pebalap dari Luksembourg, Frank Schleck, urutan ketiga klasemen umum tahun lalu, dikeluarkan dari perlombaan 2012 yang sedang berlangsung, karena gagal dalam test obat terlarang.

Saudara tua dari keluarga Schleck itu -- Andy memenangi Tour dua tahun lalu -- membalap untuk Tim RadioShack-Nissan dan berada di urutan ke-12, sembilan menit 45 detik di belakang pimpinan lomba Bradley Wiggins.

"Setelah diberita tahu UCI tentang adanya Xipamide dalam pemeriksaan urin Frank Schleck pada 14 Juli, tim memutuskan untuk menarik Frank Schleck dari kejuaraan Tour de France," demikian pernyataan yang dikeluarkan tim RadioShack-Nissan seperti dikutip Reuters.

RadioShack menyatakan, Schleck dengan sukarela datang ke kantor polisi sehingga hotel tim tidak didatangi, kendati saksi mata mengatakan beberapa petugas polisi serta ofisial yang tidak menggunakan seragam, melakukan patroli di sekitar gedung di Pau, Selasa malam.

Pemeriksaan penggunaan obat terlarang diadakan setelah tahapan ke-13 pada 14 Juli dan zat berupa Xipamide ditemukan dalam urin Schleck.

"Dengan adanya Xipamide maka tim menyatakan: Itu bukan merupakan produk yang ada dalam obat-obatan yang digunakan tim dan adanya Xipamide dalam contoh urin Schleck tidak jelas bagi tim," demikian pernyataan RadioShack.

Menurut regulasi Dewan Anti-Doping Dunia (WADA): "Kandungan spesifik dalam pemeriksaan contoh urin dan merupakan bahan terlarang, maka si atlet akan mendapat dua tahun sanksi."

RadioShack adalah tim yang mendukung juara Tour tujuh kali Lance Armstrong, yang bersama manajer tim Johan Bruyneel, terlibat dalam pemeriksaan doping yang dilancarkan Dewan Anti-Doping AS (USADA). Keduanya menampik telah melakukan hal salah.

Berita buruk pada masa rehat kedua itu merupakan pukulan lain dalam Tour bagi Schleck, yang naik podium tahun lalu di belakangan saudara kandungnya yang meraih gelar Tour 2012, setelah pebalap dari Spanyol Alberto Contador dicoret gelar kaos kuningnya karena terlibat doping.

Tahun lalu, pebalap dari Rusia, Alexandr Kolobnev, meninggalkan Tour dengan perbuatan sama tapi kemudian dibersihkan federasinya.

Pada rehat pertama Tur itu minggu lalu, pebalap Prancis Remy Di Gregorio ditangkap di hotel timnya di Bourg en Bresse dan diinvestigasi karena memiliki semacam obat ilegal. Ia kemudian dilepaskan dan menolak melakukan hal yang dituduhkan.

(A008)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga