Senin, 28 Juli 2014

Akhir penantian David Cook

Rabu, 18 Juli 2012 13:35 WIB | 6.036 Views
Akhir penantian David Cook
Pemenang American Idol 2008, David Cook, membawakan 16 lagu dalam "David Cook Concert" di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Selasa (17/7). (ANTARA/Teresia May)
Jakarta (ANTARA News) - "Akhirnya saya ada di sini. Butuh waktu yang lama untuk saya bisa ke sini," kata musikus rock Amerika Serikat, David Cook, saat konser di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Selasa (17/7) malam.

Pemenang ajang pencarian bakat American Idol musim ketujuh itu tanpa basa basi membuka konser dengan melantunkan lagu "Circadian" dari album terbarunya This Loud Morning, lagu "Heroes" yang dipopulerkan Mariah Carey dan lagu "Champagne Supernova" dari Oasis.

Cook, yang malam itu tampil casual dengan kostum kemeja kotak-kotak dan celana panjang hitam, membawa serta band pengiring yang membuat konser penyanyi solo itu lebih terasa sebagai konser sebuah band.

Selama konser kadang dia juga ikut bermain gitar bersama para pemain band.

Jauh sebelum mengikuti ajang "American Idol", penyanyi dan pencipta lagu yang tumbuh di Blue Springs, Missouri, itu memang sudah bergabung dengan band.

Pada tahun pertama di sekolah menengah atas dia membentuk band Axium bersama penabuh drum Bobby Kerr serta menjadi penyanyi dan gitaris band itu sepanjang tahun 1999 sampai 2006.

Salah satu lagu dari band tersebut, "Hold", dibeli AMC Theatres Movie Tunes dan dimainkan sebelum film di bioskop mulai di 20.000 layar bioskop seluruh Amerika.

Axium juga dinobatkan sebagai salah satu dari 15 band independen terbaik di Amerika dalam kontes band independen "Got Milk?" dan terpilih menjadi band terbaik di Kansas City pada 2004.

Selain itu Cook, yang pernah bersama band Midwest Kings, juga merilis album independen berjudul Analog Heart pada 2006, yang memenangkan penghargaan kategori "Album Independen Lokal Terbaik " dalam ajang "Absolute Best of Tulsa" tahun 2007.

Namanya makin banyak dikenal orang setelah ia tampil di American Idol 2008. Selama kompetisi dia tidak pernah berada di peringkat kedua atau ketiga terbawah dalam pemungutan suara dan akhirnya memenangkan kontes.

Juri American Idol pun memuji kehebatan pria yang lahir di Houston, Amerika Serikat, tanggal 20 Desember 1982 itu, termasuk Simon Cowell yang sering memberikan komentar pedas dan pernah menyebutnya arogan.

Bahkan penulis lagu "I Don't Miss A Thing", Diane Warren, memberikan standing ovation pada Cook setelah salah satu penampilannya.


Tak berbanding lurus

Kecemerlangan Cook selama kontes American Idol beberapa tahun lalu tampaknya tidak banyak meninggalkan bekas pada penikmat musik di Indonesia.

Peningkatan karir musik Cook di negaranya pun tidak berbanding lurus dengan kehebohan sambutan penonton konsernya di Jakarta.

Tak banyak penonton yang datang untuk menyaksikan konser tunggal yang sudah dia nantikan di Jakarta. Konser yang berlangsung sekitar satu jam itu juga tidak terlalu ramai meski Cook tampil menghibur.

Teriakan histeris penonton hanya terdengar saat dia melantunkan lagu yang banyak dikenal penikmat musik dalam negeri atau saat dia mencoba berinteraksi dengan penonton dengan mengatakan, "saya ingin mendengar teriakan kalian!"

Pada pertengahan konser Cook membawakan lagu yang melambungkan namanya saat berkompetisi di ajang American Idol. Penonton konser menyambut lagu "Always Be My Baby" yang dipopulerkan Mariah Carey itu dengan teriakan dan tepuk tangan.

Penonton juga memberikan sambutan meriah saat dia menggoyang panggung dengan lagu "Rock n Roll/Whole Lotta Love" dari band legendaris, Led Zeppelin.

Cook sempat tampil secara akustik membawakan lagu "Fade Into Me" sebelum akhirnya menutup konser dengan lagu "Rapid Eye Movement".

"Saya berjanji akan kembali datang ke sini," katanya.


Duet Idol

Dalam konser itu, pemenang Indonesian Idol, Regina Ivanova, berduet dengan Cook membawakan lagu "Always Be My Baby" yang membuat penonton berteriak histeris. Cook pun menghadiahkan satu pelukan  kepada Regina sebelum dia meninggalkan panggung.

Sebagai pemenang Idol, Regina, mendapat kesempatan rekaman dan mungkin akan merilis single atau album seperti Cook.

Setelah memenangi American Idol, Cook merilis single "The Time of My Life" (2008) serta dua album, "David Cook" (2008) dan "This Loud Morning" (2010).

Dia juga banyak tampil dalam panggung-panggung musik di negaranya maupun negara lain. Sebelum tampil di Jakarta, dia tampil di Cebu dan Manila, Filipina.

Juara-juara American Idol yang lain seperti Kelly Clarkson, Carrie Underwood dan Jordyn Sparks juga sudah menghasilkan album yang sukses di pasar musik Amerika maupun dunia.

Di Indonesia jebolan ajang Idol tak banyak yang bersinar lama. Hanya Judika dan Citra Skolastika yang lagu dan albumnya mendapat respon baik dari masyarakat.

Pemenang Indonesian Idol tahun ini, Regina, hampir selalu tampil mengesankan selama kompetisi. Penikmat musik dalam negeri akan menjadi saksi kiprah dia selanjutnya di dunia musik dan melihat apakah dia bisa terus bersinar seperti saat tampil dalam kompetisi.

(M047)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca