Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo memastikan pelantikan sembilan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan dilakukan pada Kamis (19/7) di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta.

"Itu sedang diproses oleh Menteri Sekretaris Negara. Pengambilan sumpah akan dilakukan besok," katanya di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pelantikan akan dilakukan pada tujuh anggota Dewan Komisioner OJK yang ditetapkan oleh DPR RI dan dua anggota ex officio dari pemerintah serta Bank Indonesia.

"Saya rasa yang nanti dilantik termasuk pula pejabat-pejabat OJK ex officio," katanya.

Namun dia belum bersedia menyebutkan nama perwakilan dari pemerintah maupun Bank Indonesia yang terpilih menjadi anggota Dewan Komisioner OJK.

Komisi XI DPR RI sudah menetapkan tujuh anggota Dewan Komisioner OJK dalam rapat internal fraksi di Jakarta, Selasa malam (19/6).

Mereka adalah Muliaman Hadad yang terpilih secara aklamasi menjadi ketua serta enam nama yang terpilih melalui pemungutan suara yaitu Nelson Tampubolon, Nurhaida, Rahmat Waluyanto, Firdaus Djaelani, Ilya Avianti dan Kusumaningtuti Soetiono.

Setelah pelantikan, anggota Dewan Komisioner OJK akan mempersiapkan masa transisi sebelum mendapatkan pengalihan tugas pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan nonbank dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK) pada 2013.

(S034)