Kamis, 23 Oktober 2014

Menteri Perdagangan cek harga ke pasar

| 2.214 Views
id menteri perdagangan gita wirjawan, harga bahan pokok, kenaikan harga, harga menjelang ramadhan, peningkatan permintaan
Menteri Perdagangan cek harga ke pasar
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. (ANTARA/Ismar Patrizki)
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengecek harga bahan kebutuhan pokok di beberapa pasar di Jakarta pada Rabu.

"Kemendag akan lakukan pemeriksaan setiap hari baik menjelang dan selama bulan Ramadhan untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok," katanya usai meninjau Pasar Santa.

Selanjutnya, kata dia, setiap hari menjelang bulan puasa hingga hari raya Idul Fitri pegawai Kementerian Perdagangan akan turun langsung ke pasar untuk memantau harga bahan kebutuhan pokok masyarakat.

Di Pasar Santa, harga sejumlah barang kebutuhan seperti telur ayam, daging sapi, daging ayam, cabai merah dan cabai keriting mulai naik.

"Tapi pedagang mengatakan pasokan barang kebutuhan selalu terjaga," kata Gita.

Dia mengatakan pemerintah akan berupaya menjaga ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang bulan puasa dan perayaan Lebaran.

Pemerintah, kata dia, juga akan mengambil sikap jika menemukan bukti penimbunan barang kebutuhan pokok yang menyebabkan harga menjadi tidak stabil di pasaran.

"Saya minta kepada siapapun, selaku pemangku kepentingan, untuk menjaga stabilitas harga karena pada akhirnya masyarakat luas yang sangat merasakan dampak dari kenaikan atau penurunan maupun stabilitas harga," katanya.

Dia juga mengimbau pelaku usaha tidak memanfaatkan peningkatan permintaan konsumen menjelang bulan Ramadhan untuk mengambil keuntungan dengan menaikkan harga secara berlebihan.

"Kami nanti akan membahas dengan rekan asosiasi supaya pemangku kepentingan bisa membantu sistem distribusi dari pasar induk ke pasar lain yang lebih kecil agar harga tetap terjaga. Kalau pedagang mau cari untung boleh tapi jangan berlebihan," demikian Menteri Perdagangan.

(B019)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga