Kamis, 21 Agustus 2014

PON Riau dibayangi ancaman asap kebakaran hutan

Rabu, 18 Juli 2012 14:40 WIB | 1.740 Views
PON Riau dibayangi ancaman asap kebakaran hutan
Riau termasuk salah wilayah yang rawan kebakaran hutan atau lahan. Asap dari lahan yang terbakar membuat kota Pekanbaru berkabut, seperti yang terjadi tahun lalu. (ANTARA)
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah pusat dan daerah mewaspadai ancaman kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang dikhawatirkan mengganggu pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Provinsi Riau bulan September mendatang.

Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dody Ruswandi, mengatakan masa puncak kemarau yang diperkirakan terjadi selama bulan Agustus sampai Oktober berpotensi memicu kebakaran hutan dan lahan yang asapnya menyelimuti sebagian wilayah.

Untuk mengantisipasi hal terburuk BNPB sudah menyiapkan beberapa strategi pemadaman kebakaran lewat darat dan udara, kata Dody dalam rapat koordinasi tingkat menteri untuk mengantisipasi kebakaran hutan-lahan di Gedung Daerah Provinsi Riau, Pekanbaru, Rabu.

Khusus pemadaman lewat udara, ia mengatakan, BNPB akan berkoordinasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"Kami berharap BPPT bisa menggunakan tiga pesawat Cassa untuk hujan buatan," katanya.

Selain itu, ia menambahkan, BNPB juga menyiagakan empat helikopter mendukung upaya pemadaman kebakaran lahan dan hutan bila hal itu sampai terjadi.

"Jadi helikopter itu berkeliling tiap hari hanya untuk mencari asap," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, upaya pemadaman kebakaran hutan melalui udara akan membutuhkan biaya yang besar karena itu pemerintah akan lebih banyak melakukan upaya pencegahan dengan melibatkan masyarakat.

"Karena itu BPBD Riau hingga jajaran di kabupaten/kota harus siap siaga untuk melakukan sosialisasi, dan kami akan melakukan pendampingan dan pemenuhan kapasitas," katanya.

(F012)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga