Senin, 22 September 2014

Australia buru hiu yang tewaskan peselancar

Rabu, 18 Juli 2012 19:31 WIB | 3.756 Views
Australia buru hiu yang tewaskan peselancar
Ilustrasi Ikan Hiu (flickr.com)
Jakarta (ANTARA News) - Operasi pencarian hiu yang menewaskan peselancar Ben Linden di lepas pantai Australia Barat dimulai akhir pekan lalu.

Kemarin, pemerintah Australia Barat menghubungi pemerintah federasi untuk mencabut larangan perburuan hiu putih setalah serangan fatal kelima dalam setahun.

"Rangkaian serangan itu merupakan bahaya besar," kata Menteri Perikanan, Norman Moore, menyikapi kematian Ben Linden, 24 tahun. 

Ia menambahkan inilah waktunya mengkaji kembali jumlah populasi hiu dan ia berencana menulis kepada pemerintah federal mengenai status hiu putih yang dilindungi.

Linden tewas diserang hiu putih berukuran 4,6 meter dekat Wedge Island, 100 mil ke utara dari Perth. Penyelam Dave Richards dan Nathan Podmore juga diserang seekor hiu di pantai barat Australia akhir pekan lalu.

Matt Holmes, 23 sedang ber-jetski menarik temannya yang berselancar dengan ketika melihat serangan itu. "Saya membawa teman ke arah pantai ketika melihat darah di mana-mana. Di situ ada seekor hiu yang sangat besar mengitari mayat," katanya.

Ia tidak berhasil mengambil tubuh Linden karena hitu itu berusaha menyerangnya. "Saya hanya memikirkan keluarganya (linden) dan anaknya bila ia punya. Saya ingin membawanya ke pantai. Saya sudah melakukan segala yang saya bisa," tambahnya.

Serangan hiu membuat pantai barat Australia dikenal sebagai zona serangan hiu paling mematikan di dunia, seperti yang ditulis The Sun, mengutip dari The Independent. Di Australia, setengah dari satu orang dibunuh hiu dalam setahun.

Martin Garwood, aquarist senior di Sydney Aquarium, mengatakan lonjakan serangan kemungkinan terjadi akibat hasil dari pertumbuhan populasi manusia dan bertambah populernya olahraga air di lokasi yang diisolasi, ketimbang pertambahan jumlah populasi hiu.

Tindakan pemerintah terhadap serangan terakhir itu dikecam oleh Janita Enevoldsen, salah satu anggota Wilderness Society. "Kita harus mengerti mereka (hiu), bukannya memburu dan membunuh mereka," katanya.

Menteri Moore menyetujui bahwa perlu riset tambahan untuk merencanakan migrasi hiu dan kebiasan makannya. Sebuah program yang dijalankan pemerintah Australlia Barat tahun lalu menunjukkan bahwa hiu-hiu itu terkadang tinggal berbulan-bulan di pantai barat.

"Kami telah mengalokasikan 14 jta dollar Australia untuk memahami lebih jauh dan alasan-alasan dibalik serangan fatal. Saya kira riset dapat membuktikan bahwa sekarang ada jauh lebih banyak hiu putih dari pada sebelumnya," katanya.

Jenazah Linden belum dapat ditemukan meski polisi dan sukarelawan menyisir pantai setempat.

(nta)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga