Sabtu, 25 Oktober 2014

18 perusahaan dukung "ASEAN Skill Competition" 2012

| 3.735 Views
id asean skill competition, kemenakertrans, menakertrans muhaimin iskandar
Jakarta (ANTARA News) - Sedikitnya 18 perusahaan berkomitmen mendukung penyelenggaraan ASEAN Skills Competition ke-9 pada November 2012.

Komitmen itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Dirjen Binalattas Abdul Wahab Bangkona dengan Mitra Industri Pendukung Penyelenggaraan yang disaksikan Menakertrans Muhaimin Iskandar di kantor Kemnakertrans, Jakarta, Rabu.

"Pelaksanaan ASC ini merupakan momentum Indonesia untuk mengejar standar kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia. Bahkan sesama negara ASEAN juga telah bersepakat agar standar keterampilan kerja di ASEAN ini kita tingkatkan menjadi standar dunia," kata Menakertrans usai penandatanganan.

ASEAN Skills Competition merupakan kompetisi untuk unjuk kebolehan dalam rangka meningkatkan keterampilan sumber daya manusia yang rutin diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Ke-18 perusahaan yang menyatakan komitmennya untuk mendukung penyelenggaraan ASEAN Skills Competition (ASC) adalah PT Sika Indonesia, PT Indo Hotama Sejati, PT Pan Brothers Tbk, PT Sika Indonesia, PT YSA Weldindo Teknik, PT Danfoss Industries Pte Ltd, PT Mustika Ratu Tbk, Martha Tilaar Group, PT TIRA Austenite, Tbk., Festo, PT Altum Software, PT Tekno Logika Utama, Nissan Mobil Indonesia, VW Indonesia, Toyota Astra Motor, Hyunday dan TRAC Platinum Ceramics.

Muhaimin menjelaskan Kemitraan Kemnakertrans dengan dunia industri adalah dalam bentuk dukungan penyediaan bahan (material) pelatihan, penyediaan bahan (material) yang akan digunakan pada saat kompetisi serta peminjaman peralatan yang akan digunakan pada saat pelatihan dan pada saat penyelenggaraan ASC.

"Seluruh bantuan dan dukungan dari para mitra industri tersebut tidak kami terima dalam bentuk uang tunai atau cash," kata Muhaimin.

ASEAN Skills Competition 2012 akan melombakan 23 kejuruan yang akan diikuti oleh pemuda pemudi se-ASEAN yang bertujuan untuk mempromosikan keterampilan pemuda-pemudi ASEAN, meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia serta meningkatkan kemitraan Pemerintah dengan Industri dalam meningkatkan kualitas dan keterampilan sumber daya manusia negara-negara anggota ASEAN.

(A043)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga