Minggu, 26 Oktober 2014

Pendanaan olah raga harus dibenahi

| 2.763 Views
id merah putih, olimpiade london, candra wijaya
Pendanaan olah raga harus dibenahi
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo. (FOTO ANTARA)
menyulitkan dan tidak akan bikin maju kalau cara pendanaannya begini."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo mengemukakan pembiayaan olah raga harus dibenahi.

"Kita perlu rp20 miliar untk Olimpiade dan dana itu cair 5 hari sebelum hari 'H', ini menyulitkan dan tidak akan bikin maju kalau cara pendanaannya begini," kata Rita Subowo.

Rita mengemukakan hal tersebut dalam acara "Merah Putih" yang merupakan kerja sama TVRI, RRI dan LKBN ANTARA serta tayang setiap Rabu malam.

Contoh lain hal yang harus dibenahi menurut Rita adalah saat SEA Games lalu, sehari sebelum pertandingan masih ada alat berat perata jalan di venue.

"ASIAN Games tingkatnya sama seperti Olimpiade, jadi tidak seperti SEA Games, sehari sebelum pertangdingan masih ada stoomwals," katanya.

Di sisi lain, menurut Rita Indonesia harus mempercepat infrastruktur olah raga. Dia mengemukakan pemerintah harus mau mengajak daerah yang bersedia menjadi tuan rumah single event maupun multi event  internasional.

Dia menjelaskan, infrastruktur olah raga jika dikelola dengan baik justru menghasilkan pendanaan yang besar.

"Jika suatu negara membangun athlete village, itu nantinya setelah selesai event bukan ditelantarkan, tapi jadi area komersial. Demikian juga media  center, setelahnya bisa digunakan sebagai mall," kata Rita.

Rita mencontohkan China mau mengeluarkan investasi yang luar biasa besar untuk talent scouting atlet.

"Sekarang ini kita tidak bisa lagi dengan fasilitas standar, apalagi sekarang sudah era sport science," katanya.

Dia juga mengemukakan perlunya tempat interaksi atlet muda dengan atlet senior agar atlet muda bisa mendapatkan semangat dan motivasi dari seniornya.

(A038)


COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga