Minggu, 21 Desember 2014

"Rich Game" siap bersaing dengan "Angry Birds"

| 3.678 Views
id permainan rich game, ngturduit.com, aidil akbar
...masak permainan sederhana seperti itu tidak bisa dikalahkan oleh permainan yang mengajari orang untuk menjadi kaya."
Jakarta (ANTARA News) - NgaturDuit.com meluncurkan permainan online baru berbasis jejaring sosial Facebook, "Rich Game", yang siap bersaing dengan permainan yang sedang populer di dunia "Angry Birds".

"Target saya permainan ini bisa mengalahkan Angry Birds, masak permainan sederhana seperti itu tidak bisa dikalahkan oleh permainan yang mengajari orang untuk menjadi kaya," kata penggagas permainan "Rich Game", Aidil Akbar, dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu.

"Rich Game" yang merupakan adaptasi dari permainan papan (game board) yang juga dibuat Aidil Akbar, menawarkan berbagai tantangan skenario ekonomi dan keuangan sehingga pemain dapat mensimulasikan bagaimana menghadapi kondisi ekonomi maupun keuangan tertentu.

Permainan tersebut merupakan gagasan Aidil Akbar yang dikembangkan oleh NgaturDuit.com serta mendapat dukungan penuh dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan serta USAID.

"Saya melihat pendidikan tentang mengoptimalkan produk keuangan bagi masyarakat Indonesia masih sangat kurang, makanya permainan ini dibuat dengan ide untuk mengedukasi sekaligus memberikan pengalaman berinvestasi kepada masyarakat," kata Aidil.

Dalam permainan anak bangsa itu, kata Aidil, pemain akan ditemani oleh beberapa ahli keuangan yang memberikan informasi tentang berbagai produk keuangan yang bisa diakses sesuai dengan keinginan pemain.

Berbagai produk investasi yang ada dalam permainan adalah empat produk reksadana (pendapatan tetap, campuran, saham, syariah), tabungan konvensional dan syariah, deposito, logam mulia emas, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi unit-link.

Salah seorang pengembang permainan "Rich Game", Api Perdana, menjelaskan beberapa komponen yang ada dalam permainan itu adalah pekerjaan, pengeluaran rutin, pengeluaran mendadak, keluarga (pernikahan dan anak).

"Ke depannya kami akan terus mengembangkan permainan dengan menambah produk investasi dan meningkatkan tantangan di setiap level. Kemungkinan untuk perluasan platform ke sistem operasi seperti Android, Blackberry, dan Windows juga akan dipertimbangkan seiring respon pasar," kata Api.

Pengembangan permainan "Rich Game" sebagian besar didanai oleh USAID melalui hibah program Bantuan Pengembangan Analisis Ekonomi di Indonesia (SEADI), yang bertujuan mempromosikan pendidikan publik dalam rangka memerangi kebutaan finansial di Indonesia.

Terkait target pasar yang disasar permainan "Rich Game", pihak NgaturDuit.com mengatakan permainan tersebut bisa dimainkan oleh seluruh orang yang memiliki minat untuk mengetahui produk keuangan, bahkan hingga tingkat SMA.

Untuk mengakses permainan, masyarakat cukup mencari aplikasi "Rich Game" di akun jejaring sosial Facebooknya untuk langsung terhubung dengan pemain lainnya secara online. (P012/D009)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga