Sabtu, 20 Desember 2014

Masyarakat Gorontalo gelar aksi bersih pantai

| 5.645 Views
id bersih pantai, aksi bersama, kelestarian laut, pembangunan wilayah laut
Masyarakat Gorontalo gelar aksi bersih pantai
Ilustrasi - Aksi bersih pantai (FOTO ANTARA/Ahmad Subaidi)
Menjaga kelestarian laut bukan hanya tanggungjawab aktivis lingkungan, tapi juga membutuhkan kerjasama yang baik dengan pemerintah dan masyarakat.
Gorontalo (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama-sama dengan  ratusan anggota TNI, POLRI dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) menggelar aksi bersih-bersih pantai di pesisir Selatan provinsi tersebut.

Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim mengatakan aksi tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan memiliki laut dan kekayaan alam di dalamnya, bagi seluruh kalangan.

"Menjaga kelestarian laut bukan hanya tanggungjawab aktivis lingkungan, tapi juga membutuhkan kerjasama yang baik dengan pemerintah dan masyarakat," ujarnya, Kamis.

Ia berharap pencanangan bersih pantai itu, juga ditindaklanjuti oleh seluruh aparat pemerintahan di Provinsi Gorontalo.

Wagub menjelaskan, untuk ke depannya Pemprov akan mengarahkan pembangunan ke wilayah laut dan bukan lagi lebih banyak berkutat di darat.

"Kekayaan laut dan sekitarnya harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat dan pemerintah provinsi telah meluncurkan sejumlah program untuk itu," tambahnya.

Ia juga mengingatkan para nelayan dan masyarakat pesisir untuk tidak mengeksploitasi potensi laut dengan cara yang tidak benar atau merusak.

Idris mencontohkan terumbu karang yang memiliki manfaat luar biasa seperti tempat hidup ikan dan biota laut lainnya, jika dirusak maka akan mengganggu keseimbangan ekosistem.

(D015)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga