Sabtu, 30 Agustus 2014

FBI sita koin perak Spongebob

Jumat, 20 Juli 2012 12:04 WIB | 6.791 Views
FBI sita koin perak Spongebob
Bagian dari halaman muka laman penjualan koin Spongebob Squarepants berlogo PFGBest dan the New Zealand Mint.(PFGBEST)
Jakarta (ANTARA News) - Koin-koin perak berukir tokoh kartun Spongebob SquarePants ada diantara aset yang disita Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) dari perusahaan finansial Peregrine (PFG) setelah pimpinan perusahaan itu mengakui penipuan yang sudah dilakukan 20 tahun.

Menurut Ira Bodenstein, yang bertanggungjawab menangani kasus kebangkrutan Peregrine di Chicago, koin-koin itu ditemukan di tempat penyimpanan kantor pusat firma tersebut di Cedar Falls, Iowa.

Nilai koin-koin tersebut belum diketahui, tapi satu set berisi empat koin SpongeBob Squarepants dalam kotak harta karun harganya 259 dolar AS menurut laman yang memajang logo PFGBest dan the New Zealand Mint.

Koin-koin itu bergambar karakter-karakter animasi Nickelodeon yakni SpongeBob Squarepants, Patrick si bintang laut, Sandy Cheeks, dan Gary si keong dengan tulisan "IN SPONGEBOB WE TRUST" di sekelilingnya.

Penemuan koin-koin itu menambah barang bukti kasus yang melibatkan CEO Peregrine Finiancial Group CEO, Russell Wasendorf Sr., yang Jumat lalu ditangkap setelah mengakui telah merekayasa pernyataan bank supaya regulator berpikir pialang berjangkanya punya aset dua kali lebih banyak dari yang sebenarnya, membuat pelanggannya mengalami defisit sampai 200 juta dolar AS.

Peregrine menjalankan sebuah unit bernama PFG Precious Metals Inc, yang menawarkan koin emas, perak dan platinum kepada para investor.  Koin perak Spongebob itu adalah salah satu bagian dari unit program yang ditawarkan.

Pelanggan dari berbagai negara seperti Bulgaria membeli koin melalui program itu menggunakan rekening Paypal atau kartu kredit, kata CEO at Typhon Capital Management, James Koutoulas, seperti dikutip Reuters.

Perusahaan pembuat koin tersebut pekan lalu mengajukan perlindungan kepailitan.

(M048)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca