Minggu, 26 Oktober 2014

Mundurnya Nadal hilangkan pertandingan paling menarik di Olimpiade

| 2.907 Views
id olimpiade 2012, olimpiade london, tenis, rafael nadal absen, rafa nadal absen, nadal absen karena cedera
Mundurnya Nadal hilangkan pertandingan paling menarik di Olimpiade
Petenis Spanyol Rafael Nadal tidak bisa mempertahankan gelar juara Olimpiade karena cedera membuatnya absen ke London. (FOTO REUTERS/Toby Melville)
Hari ini adalah hari paling sedih dalam karir saya ... mungkin momen yang paling saya tunggu untuk membawa bendera nasional di upacara pembukaan Olimpiade London
Madrid (ANTARA News) - Mundurnya juara Olimpiade Rafa Nadal dari Olimpiade London karena cedera, menghilangkan pertandingan paling menarik dan terbesar pada turnamen itu dan membuat Spanyol terguncang pada Kamis.

Peraih medali emas di Beijing empat tahun lalu ini gagal memulihkan cedera lututnya segera, dan dia juga bakal kehilangan kesempatannya sebagai pembawa bendera nasional pada upacara pembukaan Olimpiade London.

Federasi tenis Spanyol (RFET) mengatakan bahwa Feliciano Lopez akan menjadi penggantinya di nomor tunggal putera, sementara Marc Lopez akan maju menjadi rekan Marcel Granollers di nomor ganda.

Komite Olimpiade Spanyol (COE) mengatakan bahwa rapat, Jumat, akan menentukan pengganti pembawa bendera nasional bagi parade pembukaan 27 Juli.

"Saya tidak berada dalam kondisi yang baik untuk bertanding," kata Nadal (26) seperti dikutip Reuters.

"Ini pengalaman tersedih sepanjang karir saya," katanya menambahkan.

Nadal memegang rekor tujuh kali juara Prancis Terbuka pada Juni tetapi, disingkirkan pada babak kedua kejuaraan Wimbledon oleh petenis berperingkat rendah asal Ceko Lukas Rosol.

Awal bulan ini, ia juga menarik diri pada pertandingan amal melawan Novak Djokovic di stadion Real Madrid Bernabeu dengan mengatakan bahwa ia mengalami cedera otot tendon (tendinitis) dan butuh istirahat.

Nadal berharap dapat kembali ke Wimbledon bulan ini untuk mempertahankan gelar Olimpiade dan penarikan dirinya dari kejuaraan besar juga pernah ia alami pada 2009 ketika cedera lutut serupa harus menghentikan langkahnya dari Grand Slam, setahun setelah kemenangan pertamanya pada pertandingan final yang heroik melawan Roger Federer.

"Saya harus memikirkan rekan satu tim saya, saya tidak bisa egois dan saya harus memikirkan kemajuan olahraga Spanyol, dan membiarkan rekan saya yang memiliki persiapan lebih baik untuk bermain dan dalam kondisi siap untuk bertanding," kata petenis nomor tiga dunia ini.

"Saya memaksakan diri sampai detik terakhir persiapan saya, dalam latihan, tetapi tidak berhasil," katanya menambahkan.



Hari paling sedih

"Hari ini adalah hari paling sedih dalam karir saya karena ini adalah salah satu impian terbesar saya, dan mungkin momen yang paling saya tunggu untuk membawa bendera nasional di upacara pembukaan Olimpiade London," kata Nadal.

"Anda bayangkan betapa sulitnya saya mengambil keputusan ini," kata Nadal.

Pesan dukungan banyak diberikan untuk petenis asal Mallorca itu, yang pertama datang dari rekan satu negaranya David Ferrer.

"Saya ikut sedih mengenai Rafa, tetapi yang paling penting adalah ia cepat pulih. Dia yang terbaik... Jaga semangatmu," kata petenis nomor lima dunia dalam akun Twitter miliknya.

Presiden COE Alejandro Blanco mengatakan bahwa Nadal sangat terpuruk.

"Ini hari yang menyedihakn baginya tetapi sekali lagi ia telah membuktikan betapa hebat dirinya," kata Blanco dalam siaran radio Spanyol.

"Jika ia tidak dalam kondisi 100 persen, jika ia tidak dapat meraih kemenangan, jika ia tidak yakin ia akan menjadi juara Olimpiade, maka ia memilih untuk membiarkan atlet lain mencoba," kata Blanco.

Presiden RFET Jose Luis Escanuela mengatakan, "Ini adalah berita terburuk yang pernah kami terima. Rafa selalu menjadi contoh atlet yang ulet dan tekun... kami harap ia dapat pulih dengan cepat."

Perdebatan yang membahas untuk menjadi pengganti Nadal sebagai pembawa bendera nasional tengah berlangsung di media lokal.

Duo atlet layar Iker Martinez dan Xabi Fernandez yang meraih satu medali emas dan satu medali perak disebut sebagai calon pengganti bersama peraih medali perak bola basket Pau Gasol.

Kompetisi tenis di All England Club akan dimulai pada 28 Juli dengan petenis asal Serbia Djokovic sebagai unggulan pertama.

(A016)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga