Rabu, 30 Juli 2014

Solok intensifkan penyuluhan kesehatan ibu hamil

Jumat, 20 Juli 2012 18:22 WIB | 2.211 Views
Arosuka, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, secara intensif memberikan penyuluhan kesehatan kepada ibu hamil sebagai upaya menekan angka kematian saat persalinan.

"Kami melalui petugas kesehatan di puskesmas terus memberikan pemahaman kepada ibu-ibu hamil tentang menjaga kesehatan yang baik," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehanan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat Aida Herlina di Arosuka, Jumat.

Menurut dia, dengan adanya penyuluhan tersebut diyakini akan bisa meminimalisasi angka kematian ibu dan bayi saat melahirkan.

Buktinya sampai bulan Juni lalu angka kematian ibu di kabupaten itu sudah mnurun dibanding pada tahun lalu.

Menurut dia, jika dikalkulasikan sampai bulan Juni angka kematian ibu hanya tiga orang, sementara pada tahun 2011 sampai bulan yang sama sudah mencapai tujuh orang.

"Turunnya angka kematian ibu ini merupakan pertanda bahwa masyarakat sudah mulai cerdas dalam menjaga kesehatan," katanya.

Dikatakan, selain memberikan pemahaman kesehatan, para ibu yang akan melahirkan juga bisa memanfaatkan jasa persalinan secara cuma-cuma.

"Setiap ibu yang akan melahirkan bisa memanfaatkan jasa persalinan dalam program Jaminan Persalinan (Jampersal), dan itu tidak ada dipungut biaya sepersenpun," katanya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, selain faktor tersebut pihaknya juga sudah menjalin kemitraan dengan para dukun beranak yang aktif didaerah itu.

"Kami mencatat ada 180 orang dukun beranak yang aktif melayani persalinan kepada masyarakat. Semuanya sudah menjadi mitra kami," katanya.

(KR-AGP)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga