Senin, 22 Desember 2014

DPR akan setujui RUU Kepalangmerahan

| 2.423 Views
id wakil rakyat, ruu kepalangmerahaan, anggota dpr, anan muawanah
"DPR akan segera (menyetujui untuk disahkannya,red) RUU Kepalangmerahan demi mengedepankan perlindungan negara terhadap misi kemanusiaan,"
Jakarta (ANTARA News) - DPR akan segera menyetujui untuk disahkannya Rancangan Undang-Undang Kepalangmerahan yang didalamnya berisi beragam hal yang terperinci untuk mendukung kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI).

"DPR akan segera (menyetujui untuk disahkannya,red) RUU Kepalangmerahan demi mengedepankan perlindungan negara terhadap misi kemanusiaan," kata anggota DPR, Anna Muawanah dalam siaran pers PMI yang diterima di Jakarta, Jumat.

Anna memaparkan, Badan Legislatif DPR telah menjadikan RUU Kepalangmerahan yang merupakan inisiatif dari DPR itu untuk segera disetujui untuk disahkan dan berisi sebanyak 56 pasal dan 10 bab.

Dari sebanyak 10 bab dalam RUU Kepalangmerahan, lanjutnya, terdapat dua bab yang membahas secara detail atau terperinci mengenai Palang Merah Indonesia.

RUU Kepalangmerahan itu dinilai merupakan sesuatu hal yang penting sebagai dasar hukum yang lebih kuat lagi untuk mendukung beragam aktivitas kemanusiaan PMI.

Sebelumnya, PMI juga menyiagakan 16 unit penjernih air untuk membantu masyarakat menghadapi kekeringan yang mulai melanda Pulau Jawa.

"Kekeringan sudah mulai melanda Jawa, karena itu PMI melaksanakan program seperti ini untuk membantu masyarakat," kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.

Menurut Jusuf Kalla, masyarakat yang mengalami kekeringan, terutama menjelang puasa seperti sekarang ini, akan sangat terbantu dengan program tersebut karena PMI memiliki kapasitas dalam kasus seperti itu.

Dalam program tersebut, PMI telah menyiagakan 92 relawan terlatih yang berasal dari seluruh Indonesia, dengan sebanyak 16 unit penjernih air beserta 35 truk tangki air juga telah disebar ke seluruh Pulau Jawa.

Truk tangki air yang disiapkan berkapasitas mulai dari 3.000 hingga 10.000 liter, yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dasar warga seperti mandi, memasak dan mencuci.

(M040/A011)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga