Selasa, 2 September 2014

Jerman peringati kegagalan pembunuhan Hitler

Sabtu, 21 Juli 2012 14:30 WIB | 3.871 Views
Berlin (ANTARA News) - Jerman, pada Jumat, menggelar upacara untuk memperingati 68 tahun kegagalan pembunuhan pemimpin Nazi Adolf Hitler.

Hitler selamat dari ledakan bom yang ditanam oleh Kolonen Claus von Stauffenberg pada 20 Juli 1944 di markas besar Wolf`s Lair di Polandia.

Von Stauffenberg dan sebagian besar yang terlibat di dalam percobaan pembunuhan itu ditangkap, disiksa dan kemudian dieksekusi.

Jerman telah memperingati percobaan pembunuhan itu sejak 1952 dan melihat hal itu sebagai kebangkitan dan keberaninan Bundeswehr, pasukan pertahanan Jerman, dalam melawan kekejaman pemerintahan Nazi.

Menurut laporan Xinhua, sejumlah politisi jerman seperti Perdana Menteri Bavaria Horst Seehofer, Wali Kota Berlin Klaus Wowereit dan Menteri Pertahanan Thomas de Maiziere menghadiri upacara tabur bunga di Memorial Hall of Ploetzensee, tempat lebih dari 2.800 musuh Nazi dibunuh, di barat laut Berlin.

Setelah upacara, lebih dari 400 tentara baru Bundeswehr mengambil bagian dalam ritual pengambilan sumpah di situs tersebut.

(A059)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga