Minggu, 24 Agustus 2014

Porsi latihan Ika tetap sama saat puasa

Sabtu, 21 Juli 2012 15:46 WIB | 3.604 Views
Porsi latihan Ika tetap sama saat puasa
Logo Olimpiade London 2012 (ANTARA News/Istimewa)
Jakarta (ANTARA News) - Porsi latihan atlet panahan nasional Ika Yuliana tetap sama di saat puasa, guna menjaga presisi antara kemampuan, teknik dan fisiknya jelang berlaga di Olimpiade London 2012 yang akan datang.

"Latihan yang dijalani oleh Ika tetap sama, porsinya seperti biasa. Kami juga menyarankan kepada Ika agar tidak berpuasa dulu," ujar pelatihnya, Endah Sulistiyorini di Jakarta, Sabtu.

Endah mengatakan, konsentrasi dan fisik Ika harus terjaga, karena Ika ditagetkan untuk mempertahankan raihannya pada kejuaraan di Ogden, AS Juni lalu.

"Saat itu, Ika menempati peringkat sepuluh dunia. Kami berharap di London nanti ia bisa stabil di posisi itu. Walaupun saat di AS lalu, Cina dan Korea Selatan tidak ikut," kata Endah melanjutkan.

Ketika ditanya soal pola latihan yang kini dijalani oleh Ika, Endah mengatakan bahwa kini anak asuhnya tinggal memantapkan mental.

"Jadi kami menekankan Ika untuk lebih fokus dan mampu mengendalikan emosinya," ujar Endah yang juga melatih tim panahan nasional saat SEA Games XXVI/2011 di Jakarta lalu.

Ika, pemanah asal Jawa Timur tersebut menjalani latihan paling sedikitnya enam hingga tujuh jam per hari. Dengan jarak waktu mulai pukul sembilan pagi hingga 12.00 siang. Kemudian lanjut lagi pukul satu siang hingga empat sore.

"Tapi, Sabtu ini kami hanya berlatih hingga pukul tiga sore saja. Karena Minggu (22/7) kami sudah berangkat," ujar Endah.

Menurut jadwal, kontingen Indonesia akan bertolak ke London pada Senin 23 Juli dinihari. Sedangkan pertandingannya di London dimulai pada 27 Juli hingga 3 Agustus. "Setelah bertanding, Ika bisa kembali berpuasa," tandas Endah.

Ika akan bertanding di nomor perorangan recurve putri sebagai satu-satunya wakil dari cabang panahan Indonesia di Olimpiade.

 (Ant-329)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga