Rabu, 3 September 2014

Sekjen PBB kirim utusan ke Suriah pantau situasi

Sabtu, 21 Juli 2012 22:03 WIB | 4.400 Views
Sekjen PBB kirim utusan ke Suriah pantau situasi
Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon memberikan keterangan saat konferensi pers di Kantor PBB di Jenewa, Swiss, Kamis (12/4). Tanggung jawab kini berada di pemerintah Suri'ah untuk menepati janji mereka untuk mematuhi gencatan senjata yang mulai berlaku Kamis kemarin. (FOTO ANTARA/REUTERS/Denis Balibouse )
Brijuni, Kroasia (ANTARA News) - Sekjen PBB Ban Ki-moon Sabtu mengatakan, ia akan mengirim satu utusan ke Suriah untuk meninjau situasi di sana sementara pasukan pemerintah Suriah dan pemberontak terlibat pertempuran untuk menguasai negara itu.

"Saya mengirim Wakil Sekjen bagi Operasi Perdamaian (Herve Ladsous) ke Suriah untuk menilai situasi serta penasihat penting militer PBB untuk memimpin Misi Pengawasan PBB di Suriah (UNSMIS) dalam tahap krisis ini," kata Ban setelah bertemu dengan para pejabat penting Kroasia di daerah wisata Adriatik, Brijuni.

Pernyataan Ban itu diucapkan sehari setelah Dewan Keamanan PBB menyetujui perpanjangan 30 hari bagi satu misi pemantau yang tidak bersenjata UNSMIS, satu-satunya misi militer internasional di negara itu, dan setelah Rusia dan China memveto satu resolusi yang akan memberlakukan sanksi-sanksi lebih jauh terhadap pemerintah Presiden Bashar al-Assad.

"Keputusan bulat kemarin mengenai Resolusi 2051 adalah satu tanda yang konstruktif," kata Ban.

Ban menyeru Dewan Keamanan PBB "melipat gandakan usaha-usaha memperkuat tindakan bersama dan memikul tanggung jawab bersama".

"Pemerintah Suriah gagal melindungi para warga sipil dan masyarakat internasional memiliki tanggung jawab bersama untuk melaksanakan Piagam PBB dan bertindak berdasarkan prinsip-prinsipnya," kata Ban dikutip oleh Reuters.

(SYS/H-RN/Z002)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga