Senin, 28 Juli 2014

Erick Thohir: persiapan lancar dan sudah maksimal

Senin, 23 Juli 2012 11:00 WIB | 2.512 Views
Erick Thohir: persiapan lancar dan sudah maksimal
Ganda campuran peraih gelar juara All England Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir diharapkan dapat mempertahankan tradisi emas Olimpiade. (Foto.PBSI)
London (ANTARA News) - Chef de Mission Kontingen Olimpiade Indonesia, Erick Thohir mengatakan, persiapan kontingen Indonesia di London untuk mengikuti Olimpade yang berlangsung 27 Juli - 12 Agustus, berjalan lancar dan sudah maksinal. 

Secara keseluruhan persiapannya sudah maksimal, ujar Erick Thohir kepada ANTARA London sehubungan dengan kesiapan tim Indonesia ke Olimpiade 2012, usai acara berbuka puasa bersama di Wisma Nusantara, Minggu malam.

"Saya sudah mengecek sendiri fasilitas untuk penginapan atlet di perkampungan atlet yang lebih dikenal dengan atlet village, Hotel untuk ekstra ofisial dan tempat latihan serta transportasi semua sudah sesuai dengan apa yang diinginkan."

"Saya harap atlet bisa fokus dan bisa memberikan yang terbaik dan ini yang harus kita jaga supaya semangatnya tetap berkorbar dan ini tidak mudah," ujar Erick Thohir.

Menurut Erick Thohir, target yang akan dicapai memang tidak mudah. Apalagi di tengah tengah prestasi atlet bulutangkis menurun. "Tetapi kita ditarget untuk bisa meraih medali emas," katanya.

Berhasilnya ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih juara All England menjadi harapan bagi delegasi Indonesia di Olimpiade.

Ia berharap Indonesia dapat mempersembahkan dan mempertahankan tradisi medali emas di cabang olahraga bulutangkis, karenanya ia mengharapkan doa dari seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan dorongan moral bagi atlet Indonesia.

Sementara di tunggal putra, Taufik Hidayat dan Simon Santoso diharapkan dapat mempersembahkan medali. Paling tidak medali perunggu bisa diraih oleh kedua pendekar bulutangkis Indonesia apalagi bagi Taufik, Olimpiade kali ini merupakan yang terakhir baginya. "Saya harap mereka bisa berbuat yang lebih baik," ujarnya.

Ia mengatakan, total seluruh atlet Indonesia yang akan berlaga di pesta olahraga berjumlah 22 orang terdiri atas sembilan dari bulutangkis, enam angkat besi, dua atletik, dan masing masing satu atlet di cabang renang, anggar, judo, panahan dan menambak.

Sedianya Indonesia hanya akan mengirimkan 21 atlet namun pejudo Indonesia mendapat tiket ke Olimpiade setelah atlet judo Iran mengundurkan diri. "Kalau memang atlet kita qualified  kita harus dukung," ujarnya.

Erick Thohir mengharapkan di masa datang Pemerintah harus mempunyai misi dan visi yang jelas mengenai apa itu Olimpiade, SEA Games, Asian Games dan juga target yang akan dicapai disertai perencanaan dan pendanaan. "Jangan sampai kita dipermalukan sebagai negara besar hanya mengirimkan 22 atletnya," katanya.

Sebagai perbandingan, Malaysia mengirimkan sebanyak 40 atlet, Thailand 34 dan Singapura 20 atlet sementara Indonesia yang menjadi juara SEA Games hanya mengirimkan 22 atlet.

(ZG)



Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Terpopuler
Baca Juga