Rabu, 3 September 2014

Pemudik memakai KA meningkat lima persen

Senin, 23 Juli 2012 16:42 WIB | 2.053 Views
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Stasiun Gambir, Edy Kuswoyo, memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik memakai jasa angkutan kereta api hingga lima persen ketimbang tahun lalu. Yang melegakan, kepadatan pengantri tiket kali ini akan lebih longgar.

"Ini karena kami tidak menjual tiket berdiri lagi, semua 100 persen dapat duduk. Puncaknya pada tanggal 16,17 dan 18 Agustus nanti," kata dia, di Jakarta, Senin. 

Stasiun Kereta Api Gambir di Jakarta Pusat merupakan stasiun yang khusus didedikasikan bagi keberangkatan dan ketibaan rangkaian kereta api kelas eksekutif. Untuk rangkaian kelas bisnis diteempatkan di Stasiun Kereta Api Jatinegara dan kelas ekonomi di Stasiun Kereta Api Senen.

Tiap hari, 25 rangkaian kereta api eksekutif diberangkatkan dari Gambir ke semua stasiun tujuan di Pulau Jawa. Karena mengutamakan kenyamanan dan keamanan pemakai jasa, jumlah pemakai jasa tiap rangkaian kereta api eksekutif dengan delapan gerbong itupun cuma sedikit, sekitar 400 orang saja.

Untuk Lebaran 2012 kali ini, tiket kereta api eksekutif ke semua tujuan di Pulau Jawa telah habis mulai dari H-7 Lebaran. Sebaliknya, tiket balik ke Jakarta masih banyak untuk keberangkatan H+3 nanti. 

"Habis ke semua tujuan mulai dari H-7 namun untuk tiket pulang mulai H+3 ada untuk beberapa tujuan," kata dia, di Jakarta, Senin. Hingga saat ini aktivitas di Stasiun KA Gambir masih sepi-sepi saja, yang dia katakan, "Baru ramai pada H-7 nanti." 

Tujuan yang paling banyak diminati antara lain Solo, Surabaya, Malang, Cirebon. 

(tri)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga