Senin, 1 September 2014

PON 2020 di Sumatera Utara?

Senin, 23 Juli 2012 17:00 WIB | 3.710 Views
PON 2020 di Sumatera Utara?
Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Riau. Stadion itu akan menjadi fasilitas pokok PON XVIII/2012; walau lebih kecil daripada Gelora Bung Karno, namun menjanjikan aura modernitas yang mendukung capaian prestasi olahraga nasional. (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma)
Medan (ANTARA News) - Pasca Orde Baru, sudah dua provinsi di Sumatera menjadi tuan rumah PON, yaitu Riau dan Sumatera Selatan. Bagaimana dengan Sumatera Utara? Dia digadang-gadang sebagian warga dan elit setempat layak menjadi tuan rumah PON XX pada 2020 nanti

"Sumatera Utara memiliki beberapa fasilitas yang layak untuk PON, beberapa provinsi juga mendukung. Sekarang ini tinggal bagaimana para pemangku kepentingan Sumatera Utara bekerjasama," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara, Gus Irawan, di Medan, Senin.

Mantan direktur utama Bank Sumatera Utara itu mengatakan pendapatnya pada dialog Upaya Membangun Ekonomi Sumut Ke Depan yang digelar Perum LKBN ANTARA Biro Sumut, dengan pemandu Kepala Biro ANTARA Sumut, Simon Pramono.

Terakhir kali Sumatera Utara --Kotamadya Medan saat itu-- menjadi tuan rumah gelaran olahraga terbesar di Indonesia itu pada 1953. "Khasiat" menjadi tuan rumah PON bagi Medan adalah keniscayaan bagi mereka, ditinjau dari banyak aspek, mulai dari sisi pembinaan olahraga hingga bisnis dan investasi.

Dia mencontohkan capaian Kota Pelembang, Sumatera Selatan, yang pernah menjadi tuan rumah PON ke-XVI pada 2004. Pasca menjadi tuan rumah, perkembangan Palembang dinilai sangat luar biasa, bahkan menjadi salah satu kota penyelenggaraan Sea Games 2011 selain Jakarta. (*)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga