Kamis, 23 Oktober 2014

Rupiah awal pekan melemah ke 9.445 per dolar

| 2.655 Views
id rupiah, dolar as, nilai tukar, pasar uang
Rupiah awal pekan melemah ke 9.445 per dolar
Petugas menyusun tumpukan rupiah di Mandiri Cash Center di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (12/9). (ANTARA/Rosa Panggabean)
Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar uang spot antarbank Jakarta awal pekan ini melemah seiring kekhawatiran terhadap perkembangan krisis di Eropa.

Nilai tukar rupiah Senin sore ditransaksikan melemah lima poin menjadi 9.445 per dolar AS dari posisi sebelumnya senilai 9.440 per dolar AS.

Pengamat pasar valas dari Monex Investindo Futures Johanes Ginting mengatakan bahwa investor kembali khawatir dengan mencuatnya isu krisis utang di kawasan Eropa, khususnya yang melanda negara terbesar ke-4 Eropa, yakni Spanyol.

Ia mengemukakan bahwa memuncaknya kekhawatiran krisis utang Spanyol menimbulkan permintan "bailout" dalam skala besar. Kondisi itu "yield" obligasi Spanyol bertenor 10 tahun melonjak hingga 7,55 persen dan jangka panjang lima tahun mencapai 6,93 persen.

"Kondisi Spanyol yang dinilai belum ada perkembangan, efeknya menekan nilai tukar euro terhadap dolar AS, kondisi itu berdampak ke mata uang rupiah yang juga berada dalam area negatif," ujar dia.

Ia mengatakan bahwa katalis negatif lainnya muncul setelah pemerintah Spanyol memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk tahun 2012 dan 2013.

"Revisi proyeksi itu mengindikasikan bahwa Spanyol akan terjerumus ke dalam resesi pada tahun depan," kata dia.

Ia mengutarakan bahwa euro juga terbebani oleh komentar dari perdana menteri Yunani yang menyatakan bahwa negaranya saat ini mengalami apa yang disebut dengan "Great Depression" yang pernah terjadi di AS selama periode 1930.

"Kondisi yang masih cukup kuat sentimen negatif di pasar, membuat permintaan terhadap dolar AS meningkat," kata dia.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari Senin (23/7) tercatat mata uang rupiah bergerak melemah menjadi Rp9.493 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.478 per dolar AS.

(KR-ZMF/D007)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga