Senin, 28 Juli 2014

Jam kerja PNS kurang selama ramadhan gaji tak dipotong

Senin, 23 Juli 2012 19:34 WIB | 2.087 Views
Jam kerja PNS kurang selama ramadhan gaji tak dipotong
Sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot Kediri berada di sebuah warung saat jam kerja sekitar pukul 10.00 WIB di Kediri, Jawa Timur, Selasa (13/3). Pemerintah mulai Maret 2012 menaikkan gaji PNS sebesar 10 persen. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012, anggaran belanja pegawai mencapai Rp127,7 triliun. (FOTO ANTARA/Arief Priyono)
Pamekasan (ANTARA News) - Pemkab Pamekasan, Madura, memastikan tidak akan memotong gaji pegawai negeri sipil (PNS) selama Ramadhan, meski jam kerja mereka berkurang.

"Gaji PNS selama Ramadhan tetap dan tidak ada pemotongan, kendatipun jam kerja mereka berkurang," kata Kapala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Taufikurrahman, Senin.

Ia menjelaskan, setiap bulan pemkab Pamekasan mengalokasikan dana sebesar Rp30 miliar untuk menggaji para PNS yang ada di berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan pemkab.

"Pada bulan Ramadhan ini jumlahnya tetap sama. Jadi tidak akan ada potongan gaji sepersenpun," katanya menambahkan.

Menurut Taufikurrahman, pengurangan jam kerja PNS selama Ramadhan itu merupakan kebijakan dari pemerintah pusat, sebagai bentuk dukungan terhadap para PNS dalam menunaikan ibadah puasa.

Pada hari-hari normal, biasanya jam kerja PNS masuk pukul 07.00 WIB dan pulang pukul 15.30 WIB. Namun memasuki bulan suci Ramadhan ini baru masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 14.30 WIB.

Kebijakan pengurangan jam kerja PNS ini berlaku di semua kabupaten/kota di seluruh Indonesia, bahkan hingga di tingkat kelurahan dan desa.

"Tapi gaji yang mereka terima nanti tetap, seperti masuk biasanya," katanya menambahkan.

Menurut Taufik, selain mengurangi jam kerja dengan tidak memotong gaji mereka, pemkab Pamekasan juga akan memberikan tunjangan kesejahteraan pegawai (TKP).

Dana itu akan dicairkan beberapa hari menjelang Hari Raya Idulfitri agar bisa digunakan para keluarga PNS untuk kebutuhan lebaran.

"Ada sekitar Rp2 miliar dana yang kami sediakan untuk program TKP di lingkungan pemkab Pamekasan ini," kata Taufikurrahman menjelaskan. (ZIZ/I007)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga