Senin, 1 September 2014

Pemkab Bangka Tengah targetkan jadi pusat penghasil jeruk

Senin, 23 Juli 2012 16:05 WIB | 1.939 Views
Pemkab Bangka Tengah  targetkan jadi pusat penghasil jeruk
Foto ilustrasi hasil perkebunan jeruk (ANTARA/Anis Efizudin)
Koba, Bangka Tengah  (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Bangka Belitung, menargetkan menjadi pusat penghasil jeruk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap buah jeruk.

"Saat ini, pemkab telah menjadikan Desa Terentang sebagai salah satu pusat penghasil jeruk, karena daerah ini sejak dulu sudah dikenal dengan komoditas unggulannya yakni buah jeruk," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bateng, Mahmudin Ibrahim di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, untuk mendukung upaya tersebut, sejak 2009 hingga 2011, Kementerian Pertanian melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara telah memberikan bantuan bibit kepada kelompok tani di Desa Terentang dengan rincian bantuan 2009 sebanyak 6.000 batang atau seluas 15 hektare.

"Dari total luasan lahan perkebunan jeruk yang telah disalurkan kementerian terkait pada 2009 sebanyak 14 hektare yang tumbuh dengan optimal sedangkan satu hektarenya gagal karena disebabkan berbagai faktor," ujarnya.

Selanjutnya bantuan pada 2010 sebanyak 16.400 batang atau seluas 41 hektare untuk dua kelompok tani dan 2011 10.000 batang atau seluas 25 hektare juga diperuntukkan untuk dua kelompok tani.

"Saya mengimbau kepada para kelompok tani yang telah memiliki perkebunan jeruk agar dapat merawatnya dengan optimal, sehingga mampu berproduksi sesuai dengan yang diharapkan," ujarnya.

Ia mengatakan, kendala yang sampai saat ini masih pihaknya hadapi di lapangan adalah kurangnya kepedulian para petani dalam merawat dan memelihara tanamannya, sehingga saat ini produksinya belum optimal.

(KR-ARS)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga