Rabu, 1 Oktober 2014

20 karya penemu dan pengembang iptek 2012 dilombakan

Senin, 23 Juli 2012 20:17 WIB | 4.260 Views
Inovasi-inovasi yang diunggulkan adalah yang berpihak dalam pertumbuhan ekonomi, membuka kesempatan kerja, pengentasan kemiskinan dan berwawasan lingkungan."
Sleman (ANTARA News) - Sebanyak 20 karya peserta mengikuti lomba penemu dan pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi 2012 Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Lomba Penemu Pengembang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) 2012 Kabupaten Sleman saat ini telah memasuki tahap penilaian dan seleksi tim yuri," kata Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti, Senin.

Menurut dia, jadwal seleksi akan dilaksanakan sampai dengan Agustus 2012, dan sampai dengan batas akhir pengumpulan karya yakni 2 Juli sebanyak 20 karya penemu/pengembang telah masuk ke panitia.

"Karya tersebut berasal dari 13 peserta yang merupakan masyarakat umum yang berdomisili di Sleman dan mahasiswa perguruan tinggi di wilayah Sleman, diantaranya dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Poltekes dan UIN Sunan Kalijaga," katanya.

Ia mengatakan, peserta yang lolos seleksi nantinya diwajibkan presentasi di depan para yuri.

"Selanjutnya dari penilaian tersebut yuri akan memilih tiga pemenang. Para pemenang tersebut nantinya akan diberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan dengan total nilai Rp9.000.000. Penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada acara peringatan Hakteknas Tahun 2012," katanya.

Endah mengatakan, Lomba Penemu Pengembang IPTEK 2012 Kabupaten Sleman tersebut dilaksanakan Pemkab Sleman dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke -17 Tahun 2012 sekaligus untuk mengembangkan minat penelitian dan pengembangan ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) bagi masyarakat.

"Tema lomba adalah `Inovasi untuk Kemandirian Bangsa`. Inovasi-inovasi yang diunggulkan adalah yang berpihak dalam pertumbuhan ekonomi, membuka kesempatan kerja, pengentasan kemiskinan dan berwawasan lingkungan," katanya. (ANT)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca