Sabtu, 25 Oktober 2014

Rumput jadi medium foto raksasa di Inggris

| 2.842 Views
id rumput medium foto, fotografi rumput, pameran foto, seniman inggris
Rumput jadi medium foto raksasa di Inggris
Salah satu karya Ackroyd dan Harvey berjudul "Mother (Wired.com)
Jakarta (ANTARA News) - Dua seniman Inggris, Heather Ackroyd and Dan Harvey, mempunyai cara untuk memadukan fotografi dengan kehidupan yaitu menggunakan rumput hidup sebagai 'kertas foto' biologis.

"Alih-alih berbicara tentang kematian yang melekat dalam fotografi, kami membicarakan kehidupan yang melekat," kata Ackroyd seperti dikutip Wired.

Berbeda dari mekanisme memproyeksikan foto melalui piksel-piksel mati pada layar komputer atau mencetak pada serat mati di selembar kertas foto, foto-foto karya dua seniman itu hadir pada molekul-molekul organisme hidup.

"Fotografi umumnya merupakan momentum yang telah terjadi, sementara (pandangan) kami adalah tentang berada di sini sekarang," kata Ackroyd.

Awal mula karya Ackroyd dan Harvey itu terjadi pada 1990 ketika keduanya menciptakan instalasi seni yang menutupi ruangan dengan rumput.

Mereka mulai bermain dengan ide memanipulasi cahaya yang menyentuh rumput dan tahun berikutnya memproyeksikan cahaya melalui proyektor Kodak tua berukuran 35 milimeter ke petak rumput di dinding.

Area di mana kedua seniman itu menumbuhkan instalasi rumputnya harus gelap, layaknya kamar gelap untuk memproses foto, kecuali cahaya yang datang dari proyektor berkekuatan 2.500 watt sebagai sumber cahaya utama. 
(I026)

Penerjemah: Imam Santoso

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga