Minggu, 27 Juli 2014

Tiga program studi baru ISI Denpasar diminati mahasiswa

Selasa, 24 Juli 2012 07:45 WIB | 3.594 Views
Denpasar (ANTARA News) - Sebanyak tiga program studi yang baru dibuka Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar pada Tahun Kuliah 2012 relatif cukup diminati mahasiswa.

"Ketiga prodi baru meliputi Program Studi Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik (Sendra klasik) menerima 55 mahasiswa baru, Prodi Video, Televisi, dan Film 58 orang, serta Prodi Disain Vision 38 orang," kata Rektor ISI Denpasar Prof Wayan Rai S. MA di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan, tiga program studi itu untuk strata satu (S-1), yang terdiri atas Sendra Klasik di bawah Fakultas Seni Pertunjukan serta Jurusan Video, Televisi, dan Film serta Desain Vision di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Ia mengatakan, tiga program studi baru itu sudah siap menyangkut sumber daya manusia (SDM) tenaga pengajar, fasilitas pendukung, dan kurikulum.

Ia menilai, cukup banyak mahasiswa yang berminat melanjutkan jenjang pendidikan melalui tiga program studi baru itu, didasarkan atas kenyataan bahwa Bali dan daerah-daerah lain di Indonesia sangat membutuhkan lulusan dari tiga bidang studi tersebut.

Ia mengharapkan, lulusan Program Studi Pendidikan Seni, Drama, Tari dan Musik ISI Denpasar bisa memenuhi kebutuhan guru tabuh dan tari dalam jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Hal itu, katanya, didasarkan atas kenyataan muatan lokal untuk bidang studi tabuh dan tari Bali di SD, SMP, dan SLTA diajar oleh guru yang tidak memiliki latar belakang pendidikan seni.

Oleh sebab itu, katanya, lulusan Program Studi Sendra Klasik ISI akan sangat diperlukan dalam memenuhi tenaga pengajar bidang seni di seluruh jenjang pendidikan.

(I006/M029)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca