Jakarta (ANTARA News) - Mesin pencari Google hari ini memperingati ulang tahun ke-115 Amelia Mary Earhart dengan menampilkan gambaran pelopor penerbangan, penulis, dan pejuang hak perempuan Amerika Serikat itu pada halaman mukanya.

Earhart, yang lahir tanggal 24 Juli 1897, merupakan perempuan pertama yang terbang sendiri menyeberangi Samudera Atlantik.
 
Pada 2 Juli 1937 dia hilang secara misterius di tengah Samudera Pasifik di dekat Pulau Howland dalam usaha melakukan penerbangan keliling dunia. Ia dinyatakan tewas pada tanggal 5 Januari 1939.

Takdir Earhart dengan pesawat bermula di Long Beach, saat ia dan ayahnya pergi ke sebuah lapangan udara dan diberi tumpangan oleh Frank Hawks yang kemudian terkenal sebagai pebalap udara.

"Saat aku mencapai dua atau tiga ratus kaki di atas permukaan, aku tahu aku harus terbang," katanya seperti dikutip laman Wikipedia dari salah satu bukunya.

Setelah terbang selama sepuluh menit, ia segera memutuskan untuk belajar terbang.

Menurut biografi dalam laman yang didedikasikan untuk Amelia Earhart (www.ameliaearhart.com), dia mulai belajar terbang pada 3 Januari 1921 dan enam bulan kemudian berhasil mendapatkan uang untuk membeli pesawat terbang pertamanya.

Pesawat bekas Kinner Airster dengan dua tempat duduk yang dia beli dicat kuning terang dan dinamai "Canary."

Dia menggunakan pesawat itu untuk mencatatkan rekor sebagai perempuan pertama yang mencapai ketinggian 14.000 kaki.

Selanjutnya dia banyak memecahkan rekor penerbangan, termasuk rekor perempuan pertama yang menyeberangi Samudera Atlantik, perempuan pertama yang menyeberangi Amerika Serikat dan orang pertama yang menyeberangi Samudera Pasifik sendirian.

(*)