Barabai, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Wilayah I Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, terus memantan harga kebutuhan pokok sejak awal Ramadan lalu.

Pantauan ini dilakukan bersama-sama pemerintah daerah dan Badan Pusat Statistik (BPS), kata Kepala Seksi Pelayanan Publik, Bulog Sub Divre Wilayah I Barabai, Zainul Falah, Selasa.

Upaya ini dilakukan untuk mengendalikan kemungkinan melonjaknya harga kebutuhan bahan pokok, khususnya beras, sehingga Bulog lebih siap mengantisipasinya bila terjadi kenaikan harga.

Tindakan yang mungkin dilakukan adalah mengendalikan harga beras bila terjadi kenaikan yang mengakibatkan gejolak pada masyarakat melalui Operasi Pasar.

Sebelum memasuki Ramadan, Bulog Sub Drive Wilayah I telah berkoordinasi dengan pemerintah di Banua Anam dan BPS setempat untuk melakukan pemantauan harga di pasaran, ujarnya.

Banua Anam adalah wilayah enam kabupaten di Kalimantan Selatan, terdiri dari Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong yang menjadi area tugas Bulog Sub Divre Wilayah I.

Bulog juga siap mendistribusikan beras bila ada pemerintah daerah di Banua Anam yang akan melaksanakan kegiatan pasar murah.

(KR-SYO/F002)