Sabtu, 25 Oktober 2014

Chirp, berbagi data iPhone tanpa "ribet"

| 3.367 Views
id aplikasi iPhone, aplikasi suara, suara burung digital, metode penyebar data
Jakarta (ANTARA News) - Pengguna telepon seluler (ponsel) Apple iPhone kini dapat berbagi data dengan aplikasi  'kicau burung digital' yang disebut Chirp--yang berarti kicauan.

"Chirp adalah aplikasi unik yang memungkinkan Anda untuk berbagi data seperti gambar atau kontak--menggunakan suara," sebut tim Animal Systems, pembuat aplikasi Chirp dalam blog resmi mereka.

Tim yang berdomisili di London, Inggris, itu menjelaskan aplikasi buatan mereka didesain sebagai cara cepat dan mudah berbagi data ponsel pintar di tempat yang sama.

"Tidak seperti Bluetooth, Chirp tidak perlu  pair devices, dan berbeda dengan email, Anda tidak perlu mengetik alamat surat seseorang., dan tidak perlu berteman dahulu seperti instant messaging," sebut tim yang dipimpin Patrick Bergel itu.

Orang cuma perlu memencet tombol Chirp dan semua yang punya aplikasi itu bisa "mendengar" data tersebut. Sederhana, bukan?

Tim Animal Systems menjelaskan suara menjadi medium pengiriman data yang fleksibel karena data bit suara yang dikirimkan berukuran kecil dan banyak orang dapat menerima kicauan digital itu.

Data Chirp bisa dikirim juga lewat pengeras suara, radio dan YouTube.

"Setiap kicauan berdurasi sekitar dua detik. Mesin audio membaca rangkaian nada dan menerjemahkannya ke dalam rangkaian kata yang dipahami server kami. Server kemudian mengembalikan tautan (data) ke pengguna sehingga mereka dapat mengakses di manapun, katakan halaman situs," sebut Animal Systems.

Tim yang merupakan unit bisnis dari University College London (UCL) itu menyediakan aplikasi Chirp secara gratis di App Store. Namun, seperti dikutip BBC, pengguna akan dikenakan biaya untuk layanan tambahan Chirp.

Animal Systems juga menjanjikan aplikasinya akan beroperasi di sistem operasi Android.

"Komunikasi lintas perangkat, tidak hanya ponsel pintar, sangat berarti bagi kami. Kami akan membuat versi Chirp untuk Android terlebih dahulu," sebut Animal Systems.

(I026)

Penerjemah: Imam Santoso

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga