Jakarta (ANTARA News) - Empat perusahaan Internet asal Amerika Serikat yaitu Google, Facebook, Amazon, dan eBay membentuk asosiasi lobi yang disebut The Internet Association, Rabu (25/7) waktu setempat.

Harian The Washington Post menyebut alasan pembentukan The Internet Association adalah untuk meningkatkan suara keempat perusahaan itu di Washington agar pemerintahan federal AS menaruh perhatian pada industri teknologi AS yang besar tapi tidak teregulasi.

Mantan staf Direktur Komite Perdagangan dan Energi Legislatif AS, Michael Beckerman, akan memimpin asosiasi perusahaan Sillicon Valley itu.

The Internet Association diperkirakan akan hadir secara resmi pada September dan akan mengumumkan daftar pendukung dan anggotanya.

Keempat perusahaan itu, sebut The Washington Post, menghadapi keterlambatan persoalan regulasi yang mempengaruhi bisnis mereka seperti perundang-undangan kerahasiaan, reformasi pajak penjualan dalam jaringan (online), keamanan siber, undang-undang anti-pembajakan, dan hukum hak cipta. 

(I026)