Kamis, 31 Juli 2014

Dahlan beli PLTH "Mbah Mbing" Rp15 juta

Kamis, 26 Juli 2012 18:17 WIB | 7.059 Views
Dahlan beli PLTH
Menteri BUMN Dahlan Iskan (ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan berencana membeli satu unit pembangkit listrik tenaga hampa (PLTH) karya Slamet Haryanto, atau yang dikenal dengan sapaan Mbah Mbing, senilai Rp15 juta.

"Saya ingin menghargai orang yang punya kreativitas dengan membeli satu unit PLTH," kata Dahlan saat ditemui di kantor Kementerian BUMN, Jakarta.

Dahlan juga tidak mempersoalkan besarnya biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli pasokan listrik dengan menggunakan teknik PLTH tersebut.

"Bagi saya tidak mahal. Beli satu unit untuk rumah sekalian tes. Kalau tidak ada yang berani memulai, nanti kita tidak berkembang," tuturnya.

Ia menuturkan bila PLTH beroperasi dengan baik, maka kreativitas Mbah Mbing dapat dibuktikan. Sebaliknya, bila PLTH tidak dapat berjalan, ia menganggapnya sebagai bentuk dorongan kepada orang yang terus memikirkan cara bagaimana berinovasi.

"Saya ingin menghargai yang punya kreativitas itu. Yang jelas itu bukan omong kosong. Dia punya `background` bengkel," ujarnya.

Dahlan juga memuji kreativitas pembuat PLTH itu, sekaligus menguji kehandalan kepasitas pembangkit tersebut.

PLTH temuan Mbah Mbing ini lebih ramah lingkungan, tidak berisik, tidak berlimbah, tanpa suara dan hemat ribuan kabel listrik. Satu unit mesin PLTH untuk satu fuse dapat menghasilkan daya listrik 3.000 sampai 6.000 watt dan dibutuhkan dana Rp5 juta. Sementara untuk yang tiga fuse mencapai Rp15 juta, bisa menghasilkan daya listrik hingga 13.000 watt.
(T.KR-SSB)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga