Rabu, 3 September 2014

Kini angka pengangguran Spanyol tertinggi

Jumat, 27 Juli 2012 17:59 WIB | 3.514 Views
Kini angka pengangguran Spanyol tertinggi
Menteri Ekonomi Spanyol, Luis de Guindos. Spanyol yang menjadi salah satu motor utama Komunitas Eropa (kemudian menjadi Uni Eropa) sejak tiga tahun terakhir dililit krisis moneter sangat serius; 5,7 juta penduduk negara kerajaan itu jadi pengangguran kini. (REUTERS/Susana Vera)
Madrid (ANTARA News) - Pengangguran di Spanyol mencapai angka tertinggi pada triwulan kedua 2012, hingga 5,7 juta jiwa. Inilah angka pengangguran tertinggi di Negeri Matador itu sejak dia menjadi negara demokrasi pada dasawarsa '70-an.

Perusahaan spanyol melepas lebih banyak staf karena ketakutan resesi berkepanjangan dan krisis kepercayaan di kalangan konsumen.

Angka pengangguran naik menjadi 24,6 persen dari 24,4 persen di triwulan pertama, menurut The Nasional Statistic Institute. Angka itu di bawah perkiraan Reuters, 24,9 persen. Jumlah penganggur Spanyol naik menjadi 5,7 juta.

"Ini adalah contoh lain bahwa kondisi ekonomi mengerikan, dan bahwa ekonomi kemungkinan tidak berkembang dalam waktu dekat. Ekonomi mungkin jatuh ke dalam resesi, keadaan akan semakin memburuk," kata Ben May, ekonom dari Capital Economics.

Angka pengangguran ini adalah yang tertinggi dalam sejarah Spanyol sejak 1976, setahun setelah era diktator Spanyol berakhir karena kematian Generalissimo Francisco Franco.

Perekonomian Spanyol tidak mengalami kemajuan atau berada dalam resesi sejak awal 2008, setelah sektor properti kakap mati akibat tidak ada lagi banjir kredit murah.

Resesi terakhir, yang dimulai pada triwulan pertama, diperkirakan berlangsung sampai tahun depan. Pemerintah Spanyol berkata minggu lalu pengangguran tidak turun jauh di bawah 22 persen hingga sekurangnya  2015.

Konsumen dan bisnis dilanda kekhawatiran Spanyol mungkin memerlukan dana talangan besar-besaran karena kekhawatiran pasar mendorong risiko tertinggi negara itu ke zona euro.

Hampir sepertiga penganggur di zona euro berada di Spanyol, kebanyakan adalah usia muda. Menurut Eurostat, setengah populasi Spanyol berusia 26 tahun ke bawah menjadi tunakarya. 

(nta)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga