Minggu, 26 Oktober 2014

Rio Haryanto start ke-17 di Hungaria

| 2.189 Views
id Rio Haryanto, feature race, GP2 Series, Budapest Hungaria
Rio Haryanto start ke-17 di Hungaria
Rio Haryanto. (ANTARA/Yudhi Mahatma)
Rio menempati posisi ke-17 dengan catatan waktu satu meniy 29,786 detik.
Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto, menempati posisi start ke-17 nomor feature race pada seri kesembilan lomba balap mobil GP2 Series di Budapest, Hungaria.

Juru Bicara Rio Haryanto, Andy Mailangkay, dalam surat elektroniknya yang diterima ANTARA News, Jumat malam, menyebutkan bahwa pada babak kualifikasi ini Rio menempati posisi ke-17 dengan catatan waktu satu menit 29,786 detik.

Rekan satu tim Rio di Marussia Carlin, Max Chilton, dari Inggris menempati posisi pertama dengan catatan waktu satu menit 28,980 detik, dan posisi kedua ditempati James Calado (Lotus GP) dengan catatan waktu satu menit 29,003 detik, sedangkan posisi ketiga adalah Davide Valsecchi (DAMS) yang bercatatan waktu satu menit 29,034 detik.

Pada sesi kualifikasi yang berlangsung 30 menit tersebut, menurut Andy, Rio menempuh 14 putaran tersebut berlangsung dalam kondisi cuaca yang panas. Babak tersebut bukan hanya perjuangan para pebalap di lintasannya, tetapi juga pertarungan strategi pemakaian ban yang tepat dan pemilihan waktu untuk masuk, serta melakukan flying lap yang baik.

Rio yang mendapat dukungan penuh dari PT Pertamina (Persero) pada menit ke-10 sempat mencetak pole selama tiga menit sebelum posisinya diambil pebalap Italia, Davide Valsecchi, dan akhirnya terus turun menjadi di bawah 10 besar.

Pebalap berusia 19 tahun itu sempat masuk pit dan mengganti ban option, yakni super soft, tetapi kondisi jalur balapan sudah padat dengan sebagian besar pebalap yang turun pada menit 10 terakhir.

Pada Sabtu (28/7) waktu setempat yang menempuh feature race akan berlangsung sepanjang 37 putaran dengan menempuh total jarak 170,859 kilometer. Rio akan berada pada baris kesembilan dengan start nomor 17.
(T.H015/A020)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga