Jumat, 31 Oktober 2014

Wagub Sumbar imbau perusahaan bayar THR lebih awal

| 2.300 Views
id tunjangan hari raya, perusahaan besar, perusahaan kecil, rasakan manfaat
Wagub Sumbar imbau perusahaan bayar THR lebih awal
Seorang petugas melakukan komunikasi dengan telepon di Posko Pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1432 H/ 2011 M di Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (9/8). Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi membentuk Posko Pengaduan THR untuk melakukan pemantauan pelaksanaan pembayaran THR keagamaan. (ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Pariaman,Sumbar (ANTARA News) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim mengimbau perusahaan yang ada di daerah itu agar membayarkan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawannya lebih awal.

Dengan melakukan pembayaran THR lebih awal sesuai aturan yang ditetapkan, karyawan akan lebih merasakan manfaatnya untuk persiapan menghadapi lebaran, kata dia di Pariaman, Sumatera Barat, Jumat malam.

Muslim menyampaikan himbauan tersebut usai kunjungan safari Ramadan Pemrov Sumbar ke Masjid Raya Kampung Apar.

Ia mengatakan, mengacu kepada ketetapan yang telah dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pembayaran THR telah dapat dilakukan mulai saat ini hingga satu minggu menjelang Idul Fitri.

Ia menegaskan perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya minimal satu bulan gaji atau sesuai ketentuan yang ada.

THR merupakan hak karyawan atas kontribusi yang telah diberikan, dan jangan sampai ada perusahaan yang mengelak untuk membayarkannya, kata dia.

Dikatakannya, tidak ada alasan bagi perusahaan untuk tidak membayarkan THR , agar mereka juga dapat menikmati hari besar keagamaan dan memenuhi kebutuhannya.

Kewajiban membayar THR bagi perusahaan diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja No.Per-04/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi pekerja di perusahaan.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar tercatat jumlah perusahaan di daerah ini sebanyak 3.200 dengan jumlah karyawan dan pekerja mencapai 97.000.

Perusahaan tersebut didominasi oleh usaha kecil dan menengah dan hanya beberapa yang merupakan perusahaan besar. (ANT)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga