Menkeu Tunisia mundur setelah bertikai dengan PM Jebali

Sabtu, 28 Juli 2012 14:59 WIB | 1386 Views

Saya memastikan undur diri itu, yang telah disetujui,"
Berita Terkait
Tunis (ANTARA News) - Menteri Keuangan Tunisia Houcine Dimassi mengundurkan diri setelah tidak setuju dengan kebijakan pemerintah pimpinan Perdana Menteri Hamadi Jebali, kata pejabat pada Jumat.

"Saya memastikan undur diri itu, yang telah disetujui," kata Ridha Kazdaghli, staf Jebali kepada AFP.

Dalam suratnya yang satu kopi telah dilihat AFP, Dimassi mengatakan ia mengundurkan diri karena perbedaan-perbedaan pendapat dengan pemerintah mengenai kebijakan-kebijakan ekonomi, moneter dan sosialnya.

Secara konkret, Dimassi mengeluhkan pengeluaran yang sangat besar.

"Ketika saya berusaha mempertahankan keseimbangan dalam pengeluaran publik , saya menjadi sadar bahwa sebagian besar anggota pemerintah mengikuti kebijakan elektoralis yang meningkatkan pengeluaran pemerintah," katanya dalam satu pernyataan.

Pengeluaran "yang terlalu banyak" ini bertujuan untuk mendapat simpati dari kelompok-kelompok sosial tertentu menjelang pemilu mendatang," katanya.

"Persoalan paling serius" adalah menyangkut satu rancangan undang-undang diajukan ke Majelis Konstitusi Nasional (NA) yang mengusulkan pemberian kompensasi kepada para pendukung partai Ennahda yang berkuasa, yang menderita dibawah bekas diktator Zine El Abidine Ben Ali, dan "para syuhuda" yang tewas dalam pemberontakan yang menggulingkan dia Januari 2011.

"Rancangan undang-undang itu akan membutuhkan pengeluaran tambahan yang banyak mengingat jumlah ahli waris yang cukup banyak," tambahnya.

Ia juga menunjuk pada pemecatan gubernur bank sentral Mustapha Kamel Nabli dan tindakan yang sewenang-wenang di mana penggantinya, Chedly Ayari diangkat pekan ini.

Pada Selasa , NCA mengangkat Ayari memangku jabatan itu setelah berminggu-minggu perdebatan seru dan sidang panas di parlemen sementara.

Salah seorang dari kelompok independen di kabinet, Dimassi dikecam sejak terbentuknya pemerintah yang dikuasai kelompk Islam Desember tahun lalu.

Pada Juni, menteri reformasi pemerintah Mohamed Abblou mengundurkan diri karena menghambat usaha pemberantasan korupsi.

(H-RN/B002)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Palestina akan bentuk pemerintahan persatuan nasional

Palestina akan bentuk pemerintahan persatuan nasionalPara pemimpin Palestina yang bersaing dari Tepi Barat dan Jalur Gaza telah memutuskan untuk membentuk sebuah ...

Puing diduga MH370 ditemukan di pantai

Puing diduga MH370 ditemukan di pantaiBadan Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) sedang menyelidiki apakah puing pesawat yang terdampar di sebuah ...

AS: ada indikasi penggunaan senjata kimia di Suriah

AS: ada indikasi penggunaan senjata kimia di SuriahAmerika Serikat, Senin, mengatakan ada indikasi terjadinya serangan senjata kimia di Suriah bulan ini, yang mungkin ...