Selasa, 2 September 2014

Pemkab Agam kirim tim evakuasi ke Padang

Jumat, 27 Juli 2012 20:45 WIB | 1.522 Views
Lubukbasung, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengirim tim evakuasi korban banjir bandang yang melanda Kota Padang, untuk membersihkan rumah dan perabotan dari tumpukan lumpur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam Bambang Warsito mengatakan bahwa tim evakuasi ini berjumlah 45 orang yang berasal dari BPBD, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

"Tim ini berada di Kota Padang sampai batas tidak ditentukan," kata Bambang Warsito saat pelepasan tim relawan, kemarin.

Selama di Padang, tim akan berbaur dengan masyarakat untuk membersihkan rumah dan perabotan dari tumpukan lumpur.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri mengatakan, saat ini, pascabanjir bandang di Kota Padang yang dibutuhkan bukan peralatan, tetapi tenaga manusia untuk membersihkan pekarangan dan rumah warga dari lumpur.

Sebelumnya, kata Indra Catri, Pemkab Agam telah memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp25 juta plus makanan dan minuman, seragam sekolah, selimut, dan lainnya.

Bantuan itu langsung diserahkan kepada Wali Kota Padang Fauzi Bahar bertempat di Balai Kota Padang, Rabu (25/7).

Data BPBD Padang menunjukkan, rumah penduduk yang terkena dampak bencana, yakni rusak berat 95 unit dan rusak sedang 172 unit dan rusak ringan 249 unit. Sarana fasilitas umum, ruangan sekolah satu unit rusak berat, dan jalan rusak berat terdapat enam titik, jembatan rusak berat lima titik, dan satu rusak sedang.

Selanjutnya, irigasi rusak berat tercatat 11 titik dan rusak sedang satu titik, rumah ibadah (masjid dan musala) sebanyak 11 unit rusak berat, dan rusak ringan empat unit.

Kerugian yang ditimbulkan akibat bencana air bah ini ditaksir sekitar Rp7,54 miliar lebih.
(KR-MLN/D007)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga