Jumat, 24 Oktober 2014

Indonesia lima besar pemilihan Putra-Putri Tunarungu

| 2.915 Views
id mister dan miss tunarungu, Dian Inggrawati Soebangil S. Des, I Gede Ade Putra Wirawan
Meskpipun tidak memperoleh juara utama, namun Dian Inggrawati dan Ade Wirawan telah berhasil masuk ke babak penyisihan lima besar, ini cukup membanggakan."
Kairo (ANTARA News) - Dian Inggrawati Soebangil S. Des dan I Gede Ade Putra Wirawan dari Indonesia meraih peringkat lima besar dalam kontes pemilihan Putra dan Putri Tunarungu Internasional yang berlangsung di Ankara, Turki.

Kontes "Mister And Miss Deaf Internasional (MMDI) 2012: Empowering Today`s Deaf Women and Men" di Turki berakhir Jumat (27/7) malam yang diikuti 23 negara, kata siaran pers KBRI Ankara, yang diterima ANTARA Kairo, Sabtu.

Ade Wirawan menyabet gelar "Mister Deaf Asia" dan juga gelar "Mister Deaf Congenial" (simpatik).

Negara yang ikut dalam ajang tersebut selain Turki dan Indonesia, juga Prancis, Jerman, Amerika Serikat, Spanyol, Brazil, Mongolia, Korea, India, Belarus, Israel, Tunisia, Hungaria, Meksiko, Lithiania, Bulgaria, Latvia, Belgia, Romania, Serbia, Mali, dan Mauritania.

Dubes RI untuk Turki, Nahari Agustini, yang juga hadir bersama suami dan kedua putra kembarnya pada malam final kontes di Mall Kent Park Ankara itu memberi apresiasi atas capaian putra dan putri Indonesia tersebut.

"Meskpipun tidak memperoleh juara utama, namun Dian Inggrawati dan Ade Wirawan telah berhasil masuk ke babak penyisihan lima besar, ini cukup membanggakan," kata Dubes Nahari Agustini.

Dubes Agustini menambahkan, keberhasilan ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk terus berprestasi di pentas internasional.

Juri kontes selain dari para penyandang tunarungu berbagai negara, juga berasal dari wakil pecinta seni dan modeling di Turki.

Sebagai juara pertama Miss Deaf International 2012 dari Belarus dan Mister Deaf International 2012 dari Turki.

Pada lomba ini yang diutamakan selain penilaian penampilan juga kepribadian dan kecerdasan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para juri, kata Ida Hermawan, orangtua Dian Inggrawati yang mendampingi peserta Indonesia dalam kontes tersebut.

Jawabannya dilakukan dalam bahasa isyarat tunarungu internasional dan diterjemahkan dalam bahasa Turki dan Inggris.

Lomba berlangsung selama dua pekan dari dari tanggal 16-28 Juli 2012.

Dian Inggrawati, putri pertama dari pasangan Irwanto Hermawan (alm) dan Ratih Prasidhawati adalah lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan DKV Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta.

Dian pernah meraih penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan dari Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2011, dan Runner Up II Miss Deaf World 2011 di Praha, Republik Ceko.

Sedangkan Ade Wirawan yang baru pertama kali pentas di dunia internasional merupakan putra pertama dari pasangan I Nyoman Agus Wirawan dan I Gusti Ayu Ngurah Puspini.

Ade dikenal lewat "Bintang Iklan Film Penyandang Disabilitas" dan sebagai pegiat tari Bali.

Ida Hermawan menjelaskan, keberangkatan mereka atas usaha dan perjuangan Dian dan Ade sendiri.

"Mereka mendapatkan bantuan dana dari dermawan untuk membeli tiket pesawat ke Turki, sedangkan saya beli tiket atas biaya sendiri, dan akomodasi selama di Ankara ditanggung panitia", katanya. (M043)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca