Rabu, 1 Oktober 2014

Lezatnya nasi briani kambing oven ala Ampel

Sabtu, 28 Juli 2012 09:25 WIB | 2.788 Views
....daging kambing yang sudah dimasukkan oven, lalu dipanggang dengan diolesi minyak zaitun serta tambahan bawang dan merica."
Surabaya (ANTARA News) - Di sudut di Jalan KH. Mas Mansyur Surabaya terdapat sebuah warung sederhana. Di dalamnya terdapat tumpukan nasi yang berbeda dari biasanya. Warnanya agak kecokelatan, sepintas mirip Nasi Kebuli, tapi  warnanya lebih kuning.

Nasi Briani namanya. Makanan ini  khas India dan sebagian negara Timur Tengah, namun orang Malaysia konon sangat menggemari.

"Ini nasi briani, masakan khas Timur Tengah. Orang India dan Malaysia tidak sedikit yang gemar," ujar sang koki, Sholikah, ketika ditemui di kawasan Ampel itu.

Lokasinya yang berada tidak jauh dari kompleks Wisata Religius Sunan Ampel membuat menu makanan tersebut diburu, apalagi ketika Bulan Ramadhan. Perharinya, bisa menembus angka 500 pengunjung yang datang.

Menurut Sholikah, Nasi Briani ini juga berkhasiat sebagai menambah stamina. Selain memberi ketahanan kepada orang berpuasa, memakan nasi ini juga bisa menambah stamina bagi orang yang sudah lanjut usia.

Yang membedakan Nasi Briani dengan nasi jenis lainnya, lanjut dia, yakni di dalamnya terdapat bumbu, rempah-rempah khas Arab, serta campuran susu beruang atau susu sapi.

Cara membuatnya, beras dikukus hingga setengah matang, kemudian diangkat dan dimasukkan ke dalam panci dengan menambahkan air serta garam. Selanjutnya dicampur susu, pewarna kuning, plus tiga sendok minyak samin. "Aduk dan masak hingga airnya terserap oleh beras, kemudian angkat," ucapnya.

Tidak berhenti sampai di situ, sekitar lima sendok minyak samin dipanaskan ke dalam penggorengan, serta tumisan bumbu yang sudah dihaluskan hingga terasa harum. Berikutnya, masukkan daging, pala, kayu manis, cengkeh, kapulaga, serai dan diaduk rata.

Sebelum matang, tambahkan air dan tunggu hingga air mengering dan daging menjadi empuk, kemudian angkat dan campurkan ke dalam beras tadi, lalu aduk hingga rata. Terakhir, kukus hingga matang dan sajikan beserta taburan bawang goreng di atasnya.

"Tidak sulitkan membuatnya? Harganya juga tidak terlalu mahal, hanya Rp10 ribu per porsi," tutur dia.

Agar lebih nikmat lagi, sebagai menu pelengkap Nasi Briani, tambah dengan Kambing Oven atau Kambing Panggang. Pengunjung yang datang pun tak ingin kelewatan merasakan nikmatnya Nasi Briani Kambing Oven itu.

"Banyak yang bilang tidak lengkap makan Nasi Briani tanpa Kambing Oven. Cara memasak daging kambing pun tidak sulit, yakni daging kambing yang sudah dimasukkan oven, lalu dipanggang dengan diolesi minyak zaitun serta tambahan bawang dan merica," kata Sholikah.

Karena ikannya bertambah maka pengunjung juga harus merogoh kocek lebih. Per porsi Kambing Oven dihargai Rp25 ribu, sehingga total sekali makan Nasi Briani plus Kambing Oven, seharga Rp35 ribu.

"Awalnya memang kaget dengan harga itu, tapi setelah makan, pantas dan harga Rp35 ribu itu ya wajar saja. Benar-benar lezat Nasi Briani Kambing Oven ini. Kalau jalan-jalan ke Surabaya dan mampir ke Wisata Religius Sunan Ampel, rugi jika tidak makan nasi ini," ucap salah seorang pengunjung, Wahyu.

(ANTARA)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga