Senin, 22 Desember 2014

Rupiah naik empat poin pada Senin pagi

| 1.675 Views
id rupiah, nilai tukar rupiah, mata uang rupiah
Rupiah naik empat poin pada Senin pagi
Ilustrasi petugas menghitung dolar AS di tempat jual beli valas. Nilai tukar rupiah pada Senin pagi (30/7) naik empat poin menjadi Rp9.476 dibanding sebelumnya Rp9.480 per dolar AS. (FOTO ANTARA/Fanny Octavianus)
Kondisi itu akan membuat rupiah kembali mempunyai ruang penguatan pada awal pekan seiring masih kuatnya euforia dari pernyataan ECB itu.
Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin pagi, bergerak menguat sebesar empat poin menjadi Rp9.476 dibanding posisi sebelumnya Rp9.480 per dolar AS.

Menurut pengamat pasar uang dari Bank Himpunan Saudara, Rully Nova di Jakarta, Senin, kondisi ini dipicu oleh komitmen bank sentral Eropa (ECB) dalam penyelesaian krisis utang di Eropa.

"Pihak ECB berkomitmen untuk melakukan apa saja dalam menyelesaikan krisis utang di Eropa, dengan begitu maka nilai tukar euro akan kembali stabil," katanya.

Ia mengatakan, ECB memberikan kepastian untuk menjaga likuiditas pasar obligasi negara terutama di Spanyol, Italia dan beberapa negara lain yang terkena krisis utang sehingga yield obligasi di negara-negara krisis akan menjadi rendah.

Komitmen yang dikemukakan ECB memberikan keyakinan kepada investor pasar uang untuk kembali menempatkan dana investasinya ke dalam aset-aset berisiko, ujarnya.

Analis Monex Investindo Futures, Johanes Ginting, menambahkan, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande juga menyatakan kesiapannya untuk menyelamatkan negara-negara Euro.

"Mereka kembali menyatakan dukungan untuk penyelesaian beberapa masalah. Namun, investor masih menantikan langkah ECB dan pemerintah dalam jangka pendek," katanya.

(KR-ZMF)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga