Rabu, 3 September 2014

Tanaman di ruang kerja beri efek positif bagi karyawan

Senin, 30 Juli 2012 13:45 WIB | 4.298 Views
Tanaman di ruang kerja beri efek positif bagi karyawan
Sansevieria atau tanaman Lidah Mertua (wikipedia.org)
Jakarta (ANTARA News)  - Karyawan yang bekerja di dalam ruangan dengan tanaman hijau di dekatnya akan lebih merasa puas dengan pekerjaannya, dibandingkan dengan mereka yang tidak menempatkan tanaman di ruang kerjanya, demikian hasil penelitian yang dilakukan di Amerika.

Andrea Dravigne dan dua orang rekannya melakukan penelitian dengan melibatkan lebih dari 500 responden pekerja kantor, untuk mengetahui efek dari tanaman dan jendela di kantor terhadap persepsi kepuasan kerja para karyawan.

Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan karyawan yang meletakkan tanaman di ruang kerja atau kantornya menganggap dirinya lebih bahagia dibandingkan dengan karyawan yang tidak menempatkan tanaman.

Penelitian tersebut memberikan bukti bahwa karyawan yang bekerja di kantor-kantor yang memiliki tanaman atau jendela, memiliki kualitas hidup lebih tinggi. Hasil penelitian Dravigne dan rekannya ini diterbitkan di jurnal HortScience.

Sementara itu, Eric Lebens, manajer toko tanaman terkemuka di Chicago, Sprout Home, menyarankan tiga jenis tanaman yang cocok ditempatkan di ruang kerja dan tidak membutuhkan perawatan lebih.

Pertama, adalah Sansevieria atau yang dikenal dengan tanaman Lidah Mertua. "Ini adalah jenis tanaman penyaring udara nomor satu, dan dapat diletakkannya di mana saja karena tanaman ini dapat tumbuh meski hanya dengan cahaya lampu kantor," jelas Lebens.

Kedua, adalah Zamioculcas zamiifolia atau yang lebih dikenal dengan nama Zamia atau pohon dolar. Tanaman ini sangat mudah dirawat karena tidak perlu terlalu sering disiram. Akar pohon dolar mampu menyimpan kelembapan dengan sangat baik.

"Anda hanya perlu menyiram tanaman ini paling sering dua kali seminggu," katanya.

Selanjutnya adalah Neanthe bella palm. Jenis tanaman palem ini dapat tumbuh dengan sedikit cahaya.

"Banyak orang menyukai tanaman ini, karena bentuknya menyerupai pohon palem biasa namun ukurannya kecil sehingga pas untuk diletakkan di atas meja kerja," jelas Lebens seperti yang dikutip dari laman Health.

(M048)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga