Sabtu, 1 November 2014

12 ribu rakyat Suriah mengungsi ke Aljazair

| 1.877 Views
id suriah, krisis suriah, perang di suriah, pengungsi suriah
12 ribu rakyat Suriah mengungsi ke Aljazair
Ilustrasi anak-anak pengungsi Suriah duduk di atas kasur di sebuah sekolah yang ditinggalkan dimana pangan dan tempat tinggal disediakan oleh organisasi lokal untuk amal di daerah Wadi Khaled, sebelah utara Lebanon.(FOTO ANTARA/REUTERS/Mohamed Azakir/ox/11.)
Aljazair (ANTARA News) - Lebih dari 12 ribu warga Suriah mengungsi ke Aljazair seiring dengan peningkatan kekerasan di kampung halamannya, kata sumber yang dekat dengan Kementerian Dalam Negeri, Minggu.

"Pihak berwenang memutuskan mengurus rakyat Suriah yang berusaha mencari tempat berlindung di Aljazair, yang jumlahnya diperkirakan mencapai 12 ribu orang," kata sumber itu, sekalipun sumber dari pihak oposisi Suriah menyebutkan jumlahnya mencapai 20 ribu orang.

Aljazair mempertimbangkan untuk menggunakan sekolah-sekolah yang libur pada musim panas ini, untuk menampung pengungsi Suriah yang saat ini berada di ibu kota.

Sumber dari pihak oposisi Suriah di Aljazair mengatakan bahwa banyak saudara sebangsa mereka yang juga berlindung di kota-kota di negara Afrika Utara itu, dan mengatakan bahwa jumlahnya antara 18 ribu sampai 20 ribu orang.

Sejumlah surat kabar setempat telah melaporkan bahwa jumlah rakyat Suriah di negara itu sekitar 23 ribu orang. Namun angka itu sulit untuk diverifikasi karena mereka hanya menghitung jumlah yang datang dan tidak menghitung mereka yang kemudian meninggalkan Aljazair.

Sejumlah warga Suriah juga diperkirakan telah memasuki Aljazair dari Lebanon dan Jordania, yang bertetangga dengan negara yang tengah dikoyak konflik itu.

Konflik yang telah berlangsung selama hampir 17 bulan di Suriah telah mengakibatkan sedikitnya 20 ribu orang tewas, menurut para aktivis.

Besarnya jumlah warga Suriah di Aljazair mungkin diakibatkan karena tidak diperlukannya visa bagi rakyat Suriah untuk memasuki Aljazair.

Aljazair telah mencoba menekan jumlah pengungsi dengan mengurangi jumlah penerbangan mingguan "Algeria Air" dari Damaskus ke Aljir dari tiga penerbangan menjadi hanya satu penerbangan.

Penumpang juga harus mempunyai tiket pulang dan menunjukkan bukti tempat mereka menetap di Aljazair sebelum diizinkan terbang.

Pekan lalu, Kementerian Luar Negeri di Aljazair memperkirakan sekitar seribu keluarga Aljazair yang tinggal di Suriah telah meninggalkan negeri itu.

(G003)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga