Sabtu, 1 November 2014

Indonesia mitra dagang terbesar kedua India

| 3.108 Views
id perdagangan india-ri, volume perdagangan ri, marzuki alie,
Indonesia mitra dagang terbesar kedua India
Ketua DPR Marzuki Alie (FOTO ANTARA)
Kerjasama perdagangan antara Indonesia dan India terus berkembang pesat"
New Delhi (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie menyatakan Indonesia tercatat sebagai negara ASEAN yang menjadi mitra terbesar kedua India pada bidang perdagangan.

"Kerjasama perdagangan antara Indonesia dan India terus berkembang pesat. Nilai total transaksi perdagangan Indonesia-India pada 2011 mencapai 17,6 miliar dolar Amerika Serikat," kata Marzuki Alie di New Delhi India, Senin.

Dalam kapasitasnya sebagai Presiden ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Marzuki melakukan kunjungan ke India pada 29 Juli - 2 Agustus 2012, diantaranya berdialog dengan pimpinan Parlemen India.

Marzuki Alie menjelaskan, dari kerjasama perdagangan antara Indonesia dan India pada 2011, Indonesia surplus 9 miliar dolar AS karena ekspor ke India mencapai 13,3 miliar dolar AS, sedangkan angka impornya 4,3 miliar dolar AS.

Kemudian pada semester pertama 2012, nilai ekspor Indonesia ke Indonesia sudah mencapai 25 miliar dolar AS. "Kita harapkan nilai ekspor Indonesia ke India terus meningkat pesat," katanya.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk India Andi Muhammad Ghalib mengatakan, kemitraan strategis Indonesia-India memiliki nilai penting dalam bidang ekonomi, khususnya perdagangan.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di India mencatat, perdagangan bilateral kedua negara hingga Januari 2012 mencapai 14 miliar dolar AS.

Pada saat kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke India pada Januari 2011, angka perdagangan bilateral Indonesia-India ditargetkan 25 miliar dolar AS pada 2015.

"Dengan hasil yan dicapai hingga Januari 2012, saya optimis target 25 miliar dolar AS pada 2015 bisa tercapai," katanya.

(R024/R007) 

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga