Kamis, 21 Agustus 2014

Geithner dan Moscovici bahas krisis zona euro

Selasa, 31 Juli 2012 03:32 WIB | 2.233 Views
Geithner dan Moscovici bahas krisis zona euro
Menteri Keuangan AS Timothy Geithner. (REUTERS/Gary Cameron)
Washington (ANTARA News) - Menteri Keuangan AS Timothy Geithner dan rekannya Menteri Keuangan Prancis Pierre Moscovici membahas krisis utang negara zona euro dan upaya-upaya untuk memacu pemulihan di kawasan mata uang tunggal.

"Mereka membahas upaya-upaya Eropa untuk memastikan stabilitas keuangan, mendorong integrasi ekonomi yang lebih besar dan mendorong pemulihan zona euro," Departemen Keuangan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat.

Geithner, yang berada di Eropa untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat Jerman dan Eropa, sebelumnya mengeluarkan pernyataan bersama dengan Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble yang mendesak kerja sama dalam memerangi krisis utang zona euro.

Kedua pejabat keuangan terkemuka itu menyatakan, "yakin" zona euro bisa melaksanakan reformasi yang diperlukan untuk keluar dari krisis utang yang telah berlangsung lebih dari dua tahun itu.

Mereka menekankan "perlunya kerja sama dan koordinasi internasional yang sedang berlangsung untuk mencapai keuangan publik yang berkelanjutan, mengurangi ketidakseimbangan makroekonomi global dan memulihkan pertumbuhan," kata pernyataan, yang dikeluarkan setelah mereka bertemu di pulau Sylt, Jerman utara.

Geithner kemudian bertemu Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi, yang pekan lalu memicu spekulasi bank akan melanjutkan kembali program pembelian obligasi disengketakan melalui janjinya untuk melakukan "apa saja" guna mempertahankan euro.

Tidak ada konferensi pers direncanakan setelah pertemuan tertutup mereka di Frankfurt, demikian AFP.
(A026)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga